Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9 10 11 12 13 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2282543 times) Bookmark and Share
0 Members and 3 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #75 on: September 29, 2008, 08:28:00 PM »

Ada yang bawa ARF Explorer 90 Keluaran JR. Bentuk dan corak warnanya persis sama dengan Excelleron 90, cuma Explorer 90 dirakit \"pakai balsa putih\", Excelleron 90 dirakit pakai \"balsa coklat\". Buatannya rapih sekali, professional, dan kelihatan ringan. Beda harga, beda kualitas, ibarat beli Excelleron 90 + YS110, plus 2 servo Hitec 5625 digital sama dengan 1 ARF Explorer :huh:

Nanti kalau sudah dirakit, kirim lagi fotonya :lol:

 
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #76 on: September 29, 2008, 08:49:13 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #77 on: October 06, 2008, 10:44:06 PM »

Saya dulu pernah ambil gambar Explorer 90 dari salah satu WEB Jepang. Pesawat pattern-nya OK, kalau beli yang seperti ini, pasti ok terbangnya.

Bentuk dan coraknya persis sama dengan Excelleron 90.

Ada 2 jenis, ACRO dan RS. Kalau Acro tanpa Retract, kalau RS pakai Retract.

 
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #78 on: October 07, 2008, 02:29:03 AM »

Pasti bener dech terbangnya Explorer 90 kalau untuk intermediate manuever.

Tinggal pasang engine YS110S-saya pernah lihat sendiri, rpm-nya lebih tinggi dari YS110 dengan prop yang sama dan powernya juga lebih besar dengan fuel yang sama. Saya bandingkan rpm dan power pada saat break in di\'catok\' khusus untuk break in engine, servo pakai yang high speed, fuel 20/20 Byron atau kalau mau lebih ok pakai Cool Power 30%, oil 20%, ditanggung terbangnya OK, asapnya pasti lurus Tongue, kalau bisa pasang tune pipe juga, wah genap lach..kelihatan pro-nya Wink
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #79 on: October 09, 2008, 03:18:07 AM »

Saya tambahkan informasi mengenai YS110 dan YS110S.

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan break in YS110 di \"catok\" dan kebetulan, pada saat yang bersamaan, teman saya juga sedang melakukan proses break in untuk engine YS110S.

Kita menggunakan propeler yang sama, yaitu APC 15X6, fuel yang sama, Bryon 20/20, dan busi yang sama, yaitu YS.

Besar tanki yang kita gunakan pada saat break in adalah 600 cc.

Tanki pertama dan kedua, kita lakukan dengan rpm sekitar 4000 an dengan posisi rich.

Tanki ketiga dan keempat, kita lakukan dengan rpm sekitar 6000 an dengan posisi rich

Tanki kelima, kita lakukan dengan rpm 2000-9000 an dan cari posisi peak

Tanki keenam, kita lakukan dengan rpm 2000-9000 an dan cari posisi idle

Dari break in tersebut diatas:
Peak engine YS110S bisa mencapai 11500 rpm, sedangkan YS110 hanya mencapai 10500 an.
Idle engine YS110S bisa 1800 an, sedangkah YS110 bisa 2300 an.
Konsumsi bahan bakar relatif sama, pada saat kita break in di tanki ke empat, baik YS110S dan YS110 mengkonsumsi fuel sebanyak 600 cc selama 19 menit.

Berdasarkan pengalaman tersebut, seperti YS110S lebih powerful. Saya bisa rasakan hentakan anginnya pada rpm 6000, hentakan YS110S lebih kuat dibandingkan dengan YS110.

Tapi saya tidak tahu mengenai performance-nya diudara, karena kita tidak memasang engine tersebut di pesawat yang sama dan melakukan manuever yang sama.

Mudah2an informasi ini bisa bermanfaat untuk teman2 yang sedang memilih engine untuk pesawat pattern-nya Smiley
Logged
Bambang Wijono
Moderator
Sr. Member
*****
Offline Offline

Posts: 258



View Profile
« Reply #80 on: October 09, 2008, 08:45:20 AM »

Mas Janto ini bener\" info yang bagus......:laugh:
Informasi ini sangat membantu untuk jadi referensi pemilihan engine YS untuk pesawat patern.

Saya jadi tertarik untuk ganti engine YS110S....tp tunggu waktu yang tepat..Smiley
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #81 on: October 09, 2008, 07:39:59 PM »

Mas Bambang,

Ini hanya berdasarkan pengalaman saya, mohon dikoreksi kalau ada kurang lengkap informasinya.

Sebetulnya YS110S pada waktu itu sempat mencapai 12000 rpm, tapi kita takut dengar suara engine-nya, pokoknya males, sudah kemana2 anginnya.

Yang menjadi perbedaan antara YS110 dan YS110S adalah harganya juga :silly:

Pake es tambah ongkos sekitar 14% dari harga YS110 :laugh:

Tapi kenyamanan terbang yang diperoleh oleh YS110S sepertinya lebih dari 14% Wink

Stabil, calm, daya dorong konstan, smooth, dapat diandalkan, apalagi boss..YS dech pokoknya :cheer:

Catatan: YS OK, kalau break in-nya betul sesuai dengan manual book-nya. :ohmy:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #82 on: October 09, 2008, 08:13:25 PM »

Engine YS110S dipasang di pesawat Extra 90 keluaran Carl Goldberg. Daya dorong engine sangat berkecukupan pada saat melakukan manuever, terutama terlihat dari stall turn manuever.

Regulator YS110S diatas, YS110 dibawah, lebih mudah akses men-setting regulator, jika memang diperlukan.

Saya punya YS63S di FuntanaS 40, powernya juga lebih besar dibandingkan dengan YS63.

 
Logged
Teddy Hartanto
Moderator
Jr. Member
*****
Offline Offline

Posts: 94



View Profile
« Reply #83 on: October 10, 2008, 07:13:28 AM »

Temen2, kita dapet undangan nih di acara Open House Lanud Iswahjudi yang diadakan oleh Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi Madiun pada hari sabtu tanggal 18 Oktober 2008 , Agenda acara sebagai berikut :
- Static show pesawat tempur TNI AU ; F-16, F-5 Tiger, Hawk 100, 200, 400 dan Su-27 Flanker ( jadi kita bisa liat pesawat tersebut dari deket )
- Fly pass pesawat tersebut diatas.
- Terjun Payung, Trike dan Gantole
- Demo RC Helli dan pesawat
- Dan  JOYFLIGHT dengan pesawat hercules, Pesawat Latih Bravo, dan Hellicopter. ( Tinggal pilih yang mana silakan....)
 
Buat temen2 yang bawa helli RC dan Giantplane RC disediakan runway sepanjang 3000 m...
Ok ..ditunggu ya buat ngeramein acara ini ...thanks Teddy
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #84 on: October 10, 2008, 10:20:36 PM »

Engine YS110 tanpa S saya pasang di Excelleron 90.

Menurut saya, sudah cukup untuk melakukan intermediate manuever, cuma kalau dapat engine yang hentakannya lebih besar dan \"smooth\" dengan berat yang sama, kenapa nggak? Wink

Mas Bambang, sampai ketemu di JAC Hari Sabtu pagi besok. Saya akan bawa APC15X6, APC16X6, dan glow plug OS F.

Sparepart lagi susah di Jakarta, hobby shop masih pada cuti sampai dengan Hari Minggu ini. Baru minggu depan pada buka.
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #85 on: October 11, 2008, 06:11:32 AM »

[/img]

Sedang siapkan pesawat 3D Funtana 90 dengan Engine OS160 2 stroke. Kalau tidak salah pakai propeler APC 17X6.

Pakai photobucket, mudah2an ok
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #86 on: October 11, 2008, 06:12:50 AM »

[/img]
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #87 on: October 11, 2008, 06:14:43 AM »

Tidak berhasil pakai photobucket.com.

Saya lampirkan fotonya

 
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #88 on: October 11, 2008, 06:19:31 AM »



Sedang melakukan persiapan sebelum terbang, sepertinya ada yang dicek ulang. Prosedur yang paling betul sebetul terbang :ohmy:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #89 on: October 11, 2008, 06:21:33 AM »

Start engine

 
Logged
Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9 10 11 12 13 ... 415   Go Up
Print
Jump to: