Pages: 1 ... 203 204 205 206 207 208 209 [210] 211 212 213 214 215 216 217 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2285352 times) Bookmark and Share
0 Members and 9 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3135 on: December 05, 2014, 04:38:41 PM »

Sedang airborne di JAC...cuaca lg cerah dengan angin yg agak menantang tp enjoy aja...

Mantaps, happy flying di hari Jumat, pesawat apa? Baru lagi broer?  :-)
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3136 on: December 05, 2014, 05:23:47 PM »



Cek tenaga mesin  Smiley
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3137 on: December 05, 2014, 05:26:53 PM »



Pengecekan mesin untuk akomodasi vertikal maneuver
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3138 on: December 05, 2014, 05:30:33 PM »



Cek lagi untuk meyakinkan mesin berjalan dengan sempurna
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3139 on: December 08, 2014, 07:10:02 AM »



Segala posisi  Grin
Logged
Edwin Panjaitan
Newbie
*
Offline Offline

Posts: 16


View Profile
« Reply #3140 on: December 08, 2014, 09:10:22 AM »

Sorry bos baru bales...hari Jumat kemarin terbangin Escort 60 alias "putri solo" buatan 2004 dari paberikan "Harry Sunter Co."  :-) Engine OS60 sudah hampir 10thn tapi masih ngejreng waktu start up. Escort 60 ini pedigree nya Tiger 60... pesawat masih mantap walau sudah 10thn umurnya, touch and go nya luar biasa nikmatnya hehehe

Model yang kedua yg diterbangin adalah pesawat "Protege" buatan 2014 dari paberikan "Kud Kp Dukuh Co." dengan engine OS65AX, tenaga yang lebih besar lagi...ini buat terbang santai saja sekalian menikmati udara JAC yang tidak terlalu panas...

Model yang ketiga adalah Heli Freya dengan engine OS105HZ...hanya satu kali terbang saja karena badan sudah worn out hehehe...yang penting hari itu safe flying....sementara itu update lebih lanjut dari kegiatan hari Jumat...

 
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3141 on: December 09, 2014, 07:57:06 AM »

Sorry bos baru bales...hari Jumat kemarin terbangin Escort 60 alias "putri solo" buatan 2004 dari paberikan "Harry Sunter Co."  :-) Engine OS60 sudah hampir 10thn tapi masih ngejreng waktu start up. Escort 60 ini pedigree nya Tiger 60... pesawat masih mantap walau sudah 10thn umurnya, touch and go nya luar biasa nikmatnya hehehe

Model yang kedua yg diterbangin adalah pesawat "Protege" buatan 2014 dari paberikan "Kud Kp Dukuh Co." dengan engine OS65AX, tenaga yang lebih besar lagi...ini buat terbang santai saja sekalian menikmati udara JAC yang tidak terlalu panas...

Model yang ketiga adalah Heli Freya dengan engine OS105HZ...hanya satu kali terbang saja karena badan sudah worn out hehehe...yang penting hari itu safe flying....sementara itu update lebih lanjut dari kegiatan hari Jumat...

 
Putri Solo memang juara, dulu temennya Si Biru Penerjang Langit :-)

Semua pesawat buatan lokal kualitas LN, mantaps memang Pak Harry dan Pak Kud.

Mesin OS Nitro 2 stroke memang nggak ada duanya, sementara ini mesin paling jreng, dibandingkan dengan yang lain untuk kelas 2 stroke.

Setiap pesawat 2 kali terbang, sudah 6 kali terbang, pas helikopter terbang ke 7, mulai "pening" kita.

Yang penting datang utuh pulung utuh :-)

Sampai ketemu di JAC Halim

Salam aeromodelling
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3142 on: December 09, 2014, 08:13:23 AM »



Terbang di JAC Halim belajar maneuver F3A

Sementara ini belajar maneuver Half Reverse Cuban Eight seperti foto terlampir



3 minggu lalu baru belajar maneuver ini, 3 kali terbang, nilainya masih 4.5

Minggu ke 2 tidak bisa latihan karena angin keras, tidak direkomendasikan untuk terbang

Minggu ke 3 bisa latihan, sempat 4 kali terbang, jadi total 7 kali terbang.

Yang masih sering kurang kalau nanjak belum 45 derajat, panjang lintasan sebelum dan sesudah half roll tidak sama, terus pada saat selesai melakukan manuever, titik mulai dan titik selesai tidak ketemu, jadi ketinggiannya berubah.

Diharapkan setelah 25 kali terbang nilainya sudah menjadi 9-10.

Jadi pas terbang mau balik arah, gayanya anggun....gitcu he he he  Tongue Smiley

Kita semua terinsipirasi dengan gaya Red Arrows atau Blue Angel, maneuver-nya rapih, tapi dibelakang itu semua, teorinya buannyakkkk banget.

F3A bisa akomodasi ini semua  Grin Cool

Kalau ada teman-teman yang ingin belajar manuever F3A, bisa bergabung dengan JAC Desember ini, biar tidak ketinggalan dengan teman kita yang sudah rajin belajar terbang F3A Cool Smiley

« Last Edit: December 09, 2014, 08:26:38 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3143 on: December 10, 2014, 07:24:50 AM »

,

Enak dilihat, terbangnya juga bagus artinya bisa terbang pelan dengan tetap gliding layaknya persyaratan pesawat model.

Pesawatnya mudah diatur dan dikendalikan  Smiley

Tampilan ok, terbang ok, patut dikoleksi  Wink
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3144 on: December 11, 2014, 07:02:27 AM »

Bersamaan dengan belajar maneuver Half Reverse Cuban Eight, pada saat terbang dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya, terbang level (pesawat tidak terbalik) diubah menjadi terbang inverted (pesawat terbalik)  Cool

Lumayan, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui  Grin

Gambarnya terlampir



Kesalahan klasik biasanya terjadi seperti ini:
Roll rate terlalu cepat
Pesawat tidak dalam satu sumbu pada saat eksekusi inverted alias naik turun
Pesawat arahnya bergeser
Jarak antara posisi level ke inverted di sisi kanan, tidak sama dengan sisi kiri atau sebaliknya

Agar bisa tahu roll rate yang benar lihat video ini, termasuk semua gerakan maneuver F3A-nya.

Ini video-nya:

https://www.youtube.com/watch?v=wupeVZCIEiE

Ini skedulnya



Yang nerbangin juara dunia-namanya CPLR  Cool

Kalau belajar,  gaya Maradona aja, umur 17 tahun, tapi pengalaman 100 tahun, karena banyak baca, input alias dicekokin pengalaman  dari beberapa instruktur berpengalaman. Apalagi sekarang  belajar dapat lebih mudah, karena ditunjang oleh  IT, jadi jauhhhh lebih mudah belajar sekarang. Lihat maneuver yang bener dijalanan macet aja sekarang bisa, jaman Maradona belajar bola mana bisa  Smiley

Lihat CPLR (Christophe PAYSANT-LE ROUX) terbang, roll rate-nya, pelan tapi pasti, pesawat lurus terbangnya, kecepatan sama, perhatikan asapnya, lempeng alias lurus alias ketawan gape-nya alias jagonya,  jika ada maneuver yang berkaitan dengan lingkaran, bentuknya bulat, pada dasarnya satu sumbu, presisi maneuver-nya  Cool Grin

Itu semua terjadi karena tahu teorinya berdasarkan buku panduan F3A, latihan yang serius, sehingga input terhadap throttle, aileron, elevator dan rudder tepat dalam mengeksekusi setiap manuever sesuai buku panduan  Huh Smiley Grin

Pastikan pesawat sudah dalam kondisi seimbang, dan semua komponen bekerja dengan baik, mulai dari mesin, servo dan baterei.

Selamat membayangkan CPLR bisa terbang F3A seperti itu dan bagaimana latihannya di JAC Halim biar kita bisa seperti itu  Cool

Selamat berlatih terbang F3A di JAC Halim

Salam aeromodelling


« Last Edit: December 11, 2014, 08:02:48 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3145 on: December 12, 2014, 08:05:20 AM »



Kecepatan melambat diujung landasan pacu JAC Halim, siap berbalik arah menuju apron  Cool

Pakai pesawat ini melakukan maneuver inverted, loop, half reverse cuban eight, rolls, tapi eksekusinya sebagus CPLR asyik banget pastinya dilihat, seperti Red Arrows  Tongue


Sepertinya pesawat ini bisa akomodasi maneuver itu semua, terbangnya bagus, buatan Sebart, memang designer pesawat model, kalau F1 mungkin kelas Williams atau McLaren Cool

Red Arrows menurut saya manueuver-nya semua teratur, setara dengan F3A, semua pesawatnya mungkin 9 pesawat melakukan maneuver yang sama dengan sangat presisi, pasti ada teorinya seperti F3A Wink

Dilangit ber-manuever ria dengan rapih, mendarat pesawat utuh, jalan ke shelter enteng   Shocked Grin Cheesy Smiley

« Last Edit: December 12, 2014, 08:10:51 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3146 on: December 13, 2014, 12:25:47 AM »

https://www.youtube.com/watch?v=A8cPjx-uk-4

Ini besi terbang bentuk wing delta inverted dan roll-nya dalam satu sumbu..mirip sama F3A  Tongue

Balik arahnya sama dengan half cuban eight, bedanya dari posisi level sudah inverted, dihajar terus naik dengan input down elevator, setelah mencapai titik tertentu, tarik elevator, jadi balik arah  Smiley

Pas turun, lakukan cut throttle, pada saat level tambah throttle pelan-pelan, jadi pada saat menanjak, turun dan terbang level, kecepatannya sama  Smiley

Week end di JAC Halim coba donk half reverse cuban eight biar muluzzzz seperti CPLR dan Tornado  Grin

« Last Edit: December 14, 2014, 06:00:17 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3147 on: December 14, 2014, 06:02:12 PM »



SAB HELI DIVISION  Cool
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3148 on: December 14, 2014, 06:16:53 PM »



Wededededededehhhhhh...... Shocked Smiley
« Last Edit: December 14, 2014, 06:25:05 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #3149 on: December 14, 2014, 06:22:37 PM »



Asyikkkkkk, terbang dilangit biru JAC Halim tanpa awan di pagi hari dengan sinar matahari yang cerah dan tiupan angin sepoi-sepoi membawa semerbak wangi rumput hijau  Tongue Grin
Logged
Pages: 1 ... 203 204 205 206 207 208 209 [210] 211 212 213 214 215 216 217 ... 415   Go Up
Print
Jump to: