Show Posts
Pages: 1 ... 556 557 558 559 560 561 562 [563] 564
8431  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC Open Tournament November 2007 on: October 24, 2007, 08:08:08 PM
Dear Panitia,

Saya dengar, panitia akan mengadakan latihan resmi menjelang JAC Open Tournament  pada Hari Jumat, 2 Nopember 2007 nanti?

Jika diadakan latihan resmi tersebut diatas, apakah ada jadual latihannya baik untuk helikopter dan pesawat?

Dengan adanya jadual, mungkin faktor safety dapat terus terjaga.

Mohon konfirmasinya.

Salam,
8432  Aero TechTalk Section : / F3C, AMA Pattern / Re:Belajar dengan mudah - Helicopter Pattern Maneuver on: October 18, 2007, 08:56:32 PM
OK, nanti saya masukkan.

Sementara ini saya akan cari lagi website-nya untuk F3A.

Dulu saya pernah akses website-nya, tapi tidak saya catat alamatnya.

Saya dapat website helicopter, karena ada rencana saya mau main heli juga seperti yang lain, oleh sebab itu saya cari info mengenai heli sebelum betul-betul main, yang ketemu website seperti yang saya kirim.

Salam
8433  Aero TechTalk Section : / F3C, AMA Pattern / Belajar dengan mudah - Helicopter Pattern Maneuver on: October 18, 2007, 07:15:01 PM
Temans,

Bersama ini saya kirim website mengenai pola manuver helikopter F3C. Anda bisa men-download sendiri aturan main, urutan manuver dan cuplikan gambarnya.

Mudah-mudahan bermanfaat sebagai bahan referensi untuk terbang dengan pola yang tertata dengan rapih, indah dan anggun.

1. Aturan main F3C
http://www.belairmodels.be/fsport/sections/F3C/F3C%20FAI/sc4-vol-f3c-06.doc/view

2. Urutan manuver F3C
http://www.belairmodels.be/fsport/sections/F3C/F3C%20FAI/schedule-a-2006-2009.doc/view

3. Video Clip I – Cuplikan gambar pertama untuk setiap jenis manuver F3C
http://www.augustoheli.com/videostuff/videoarchive/FAI_Maneuvers/default.asp

4. Video Clip II – Cuplikan gambar kedua untuk setiap jenis manuver F3C
http://www.geocities.jp/f3cf3a/move-main.html

Selamat belajar, berlatih dan berkompetisi.

Salam,

Janto
8434  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC Open Tournament November 2007 on: October 11, 2007, 04:22:08 AM
Mas Bambang,

Clear

Hadiahnya sangat, sangat dan sangat menarik sekali.

Terima kasih banyak atas pelayanan panitia dalam rangka menyediakan fuel baik untuk sesi latihan dan pertandingan.

Sampai bertemu tanggal 3 dan 4 Nopember 2007.

Sukses untuk semuanya.

Salam,

Janto
8435  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / JAC Open Tournament November 2007 on: October 03, 2007, 07:15:38 PM
Dear Panitia,

Apakah sudah ada jadual pertandingan (hari, tanggal dan jam)  untuk setiap mata lomba?

Adapun mata lomba adalah sbb:
RC Helicopter Kelas Pemula
RC Helicopter Tingkat Menengah
RC Pesawat Tingkat Menengah
CL Tempur Udara F2D FAI
CL Balap Beregu F2C INA  

Terima kasih,

Janto
8436  All WTS and WTB Section : / WTS / Re:Kayu Balsa on: September 26, 2007, 02:12:36 AM
Sama-sama.

Seharusnya ada, tapi saya tidak detail, apakah isinya seperti yang dimaksud. Dibeberapa hobby shop, mereka menjual khusus majalah aeromodelling. Isinya lengkap menurut saya.

Coba saja cari di-internet dengan topik aeromodelling, propeller, OS, Futaba dll. Dulu saya pernah lihat rincian lengkap mengenai ukuran propeller dll, hanya saya tidak mencatat alamat web-nya.

Coba masuk ke Tower Hobby atau Horizon Hobby, disana banyak informasi dan gambar mengenai aeromodelling.

Terima kasih.
8437  All WTS and WTB Section : / WTS / Re:Kayu Balsa on: September 26, 2007, 12:11:35 AM
Sama-sama.

Coba tanya mengenai komunitas RC di Bali di Jalan Kartika Plaza sebelum Hotel Jatra,  ada hobby shop mobil RC dan pesawat RC electric di sana.

Terima kasih
8438  All WTS and WTB Section : / WTS / Re:Kayu Balsa on: September 25, 2007, 10:05:19 PM
Banyak sekali pengalaman menarik di dalam dunia aeromodelling menurut saya.

Untuk tahu langsung tentang aeromodelling, coba beli pesawat pemula yaitu Wing Dragon buatan Cina seharga Rp. 1.000.000 an. Pesawat tersebut sudah lengkap dengan dinamo dan radio control.

Coba terbangkan dulu, kalau memang tertarik, mungkin bisa beralih ke pesawat yang lebih besar.

Wing Dragon bisa dibeli dibeberapa hobby shop di Jakarta. Saya tidak tahu hobby shop di Bali. Tapi sepertinya saya pernah lihat di Jalan Kartika Plaza sebelum Hotel Jatra Bali.

Saya tidak tahu Hobby Shop yang menjual kayu balsa di Bali.

Saya lampirkan list hobby shop yang ada di Jakarta:
Aerotech - 021-5396850
King - 021-57936059
NTC - 021-53160962
Sky - 021-45851652
Sphinx - 021-75921370
KNVOnline-081316666265
Electric -0817-6719989

Coba browsing di-internet untuk melihat bentuk Wing Dragon

Terima kasih..
8439  Aero TechTalk Section : / Aero TechTalk / How to keep your radio in top shape-Futaba on: September 23, 2007, 02:01:28 AM
How to keep your radio in top shape!
Q: How should I clean my transmitter\'s antenna?
A: We recommend cleaning the antenna periodically with denatured alcohol. DO NOT use any petroleum-based products or products such as WD40.
________________________________________
Q: What can I do to ensure that my digital servos offer long life?
A: Your number one concern should be that linkages are tight, with absolutely no friction or stiffness from binding. Standard servos don\'t notice common problems like slop at neutral, but a digital servo will - and in the process of struggling to hold the rod in position, it will quickly drain your batteries and eventually ruin its motor. Digital servos always work to hold positions at full strength. If at any point the servo must \"fight\" the linkage to locate and hold its position, it will literally burn itself out.
________________________________________
Q: My switch stopped working. When I checked it, I found that the black wire was all corroded and the copper part looked dark and was brittle. What happened?
A: This sounds like what\'s sometimes called \"Black Wire Corrosion.\" Over time the battery\'s negative lead, which runs through the switch harness to the receiver, will corrode. The copper wire loses its bright, \"coppery\" look and turns almost black. It also becomes brittle and inflexible.
The cause? Storing your system in a damp place with the battery installed. If you leave the wire connected to the battery, surrounded by environmental moisture, an electrical effect results that promotes corrosion of the wire. The corrosion starts at the battery pack and works its way toward the switch harness.
The air doesn\'t have to feel particularly humid to qualify as a damp environment. Storing your system in a shed or garage leaves it vulnerable to enough humidity (such as the moisture brought into the garage by your car) for corrosion to occur. It will happen even faster if the battery is not maintained and goes flat. Charge and cycle your battery regularly to prevent or slow down the corrosion.
________________________________________
Q: What else can I do to protect my radio system and keep everything working properly?
A: Keep the transmitter clean. After every trip to the flying field, be sure to wipe away any fuel that might have gotten onto the radio using a soft, dry cloth or paper towel. Fuel is corrosive - it will soften the plastic and damage any metal or metallic parts. Over time, fuel exposure will make the radio case brittle and allow plastic parts to break easily. Always keep your radio away from your engine\'s exhaust stream.
If you notice that any stick assemblies have become stiff, do NOT try to lubricate them. These will need to be serviced.
Always wrap your radio\'s receiver in 1/2-inch thick insulation or foam to protect it from vibration. And, after cycling your transmitter battery, pay close attention to how you plug it back into the radio. Installing the battery with the polarities reversed will damage the transmitter\'s electronic components.
8440  Aero TechTalk Section : / F3C, AMA Pattern / Re:F3C-Flipping Pullback on: September 13, 2007, 09:14:48 PM
Sama-sama, mudah2an bermanfaat.

Hari Minggu kemarin tidak jadi terbang, karena aileron wing kanan rusak.

Sementara ini belum terhitung jumlah menitnya.

Terima kasih.
8441  Aero TechTalk Section : / F3C, AMA Pattern / Re:F3C-Flipping Pullback on: September 12, 2007, 12:37:34 AM
Jika ada yang tertarik untuk melihat film-nya, tolong kirim email address-nya. Saya bisa kirim file-nya sebesar 700KB. Thanks.
8442  Aero TechTalk Section : / F3C, AMA Pattern / Re:F3C-Flipping Pullback on: September 11, 2007, 09:26:50 PM
Sorry, file tidak bisa di-attached, karena dalam kelompok video, bukan image.
8443  Aero TechTalk Section : / F3C, AMA Pattern / F3C-Flipping Pullback on: September 11, 2007, 09:24:08 PM
Flipping Pullback-Happy flying.
8444  Aero TechTalk Section : / Aero TechTalk / Vol 4-Belajar Take Off dan Landing on: August 29, 2007, 10:19:51 PM


Belajar Take Off dan Landing

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa take off dan landing adalah bagian yang paling mendebarkan dilakukan oleh penerbang pemula. Menurut pengalaman banyak penerbang, take off lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan landing. Tetapi janganlah berkecil hati, take off dan landing dapat dilakukan dengan mudah setelah anda:
1.HANDAL melakukan Maneuver Kotak (Vol 1)
2.HANDAL melakukan Maneuver Gliding (Vol 2)
3.HANDAL melakukan Maneuver Fly Pass (Vol 3)

Take off:
Pada umumnya, penerbang pemula melakukan kesalahan take off sebagai berikut:

Pesawat model melaju ke arah kanan, pada saat hampir keluar landasan pacu, pesawat model baru diterbangkan, karena khawatir pesawat model tersandung oleh batas landasan pacu dan rumput. Akibatnya, pesawat model terbang melintasi shelter, jika pesawat model terbang dari arah kiri ke kanan, atau pesawat model terbang melintasi lapangan rumput, jika pesawat model terbang dari arah kanan ke kiri.

Pesawat model sudah diterbangkan, sebelum pesawat model memiliki kecepatan yang cukup untuk diterbangkan. Akibatnya, pesawat model cenderung jatuh, karena belum mempunyai daya angkat yang cukup.

Untuk menghindari permasalahan tersebut diatas, take off-lah dengan belajar take off yang AMAN terlebih dahulu. Adapun take off yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Belajar Taxiing
Tujuannya adalah belajar mengendalikan pesawat di landasan pacu. Pesawat berjalan lurus dan berputar diatas landasan pacu seperti mobil radio control. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Jalan lurus:
o Letakkan pesawat model di tengah landasan pacu diatas garis putus-putus
o Penerbang berdiri ditempat yang telah dibicarakan sebelumnya.
o Majukan pesawat dari kiri ke kanan dengan kecepatan dibawah sedang sampai dengan sedang. Usahakan pesawat model berjalan dengan lurus diatas garis putus-putus. Asumsi: jika pesawat sudah di-trim dengan tepat, maka pesawat cenderung akan berjalan ke arah kanan. Untuk mengatasi kecenderungan ini, tahan laju pesawat model berjalan ke arah kanan dengan memberikan sedikit input ke kiri yaitu dengan memberikan input rudder anda ke kiri.

Belok:
o Penerbang tetap berdiri ditempat yang telah dibicarakan sebelumnya
o Setelah pesawat model berjalan lurus kurang lebih 40 m dari penerbang, kurangi kecepatan sampai dengan dibawah sedang, belokkan pesawat sedikit ke kanan terlebih dahulu, kemudian belokkan ke kiri perlahan-lahan sambil menambah sedikit throttle untuk memberikan daya dorong kepada pesawat model anda berputar arah dari kiri ke kanan menjadi dari kanan ke kiri
o Kembalikan pesawat model ke posisi semula, yaitu pesawat model berada diatas garis putus-putus dengan arah yang berlawanan.
o Lakukan kegiatan yang sama seperti diatas berulang kali
Jalan lurus dan belok:
o Lakukan jalan lurus dan belok berulang kali di landasan pacu sebanyak 2 jam tanki terbang.

Take off:
o Setelah anda HANDAL melakukan jalan lurus dan belok di landasan pacu, maka sekarang anda sudah siap melakukan tahapan take off yaitu dengan langkah sebagai berikut:
Tentukan arah take off (harus berlawanan dengan arah angin)
Letakkan pesawat diatas garis putus-putus 5-10 m sebelum anda berdiri
Teriaklah take off sebelum anda melakukan maneuver take off, agar penerbang lain yang pada saat bersamaan sedang terbang mengetahui ada pesawat model yang akan take off.
Tunggulah konfirmasi OK dari penerbang lainnya
Tariklah napas terlebih dahulu
Majukan pesawat dari kecepatan dibawah sedang sampai dengan tinggi.
Berikan sedikit input naik kepada elevator setelah pesawat model mencapai kecepatan tinggi, sehingga pesawat model dapat mengangkasa dengan indah dan elok
Setelah mencapai cukup ketinggian, belokkan pesawat model ke kiri perlahan-lahan, jika arah take off dari kiri ke kanan, atau belokkan pesawat model ke kanan perlahan-lahan, jika arah take off dari kanan ke kiri. Harus diperhatikan, bahwa pesawat model MUTLAK terbang di depan penerbang dan landasan pacu.
Kurangi throttle dari kecepatan penuh ke ½ throttle pada saat pesawat model sudah terbang lurus dan level. Terbanglah dengan pola teratur yang sudah dipelajari sebelumnya.
Buanglah napas anda



Belajar Landing:
Pada umumnya, penerbang pemula melakukan kesalahan landing sebagai berikut:
o Ingin cepat-cepat landing akibat perasaan berdebar yang hampir diambang batas
o Mencoba mengarahkan pesawat model untuk landing diatas landasan pacu dengan segala cara
o Kecepatan pesawat masih terlampau cepat
o Kecepatan pesawat sudah terlampau lambat

Jika anda landing dengan pola terbang seperti diatas, biasanya akan menimbulkan masalah kerusakan pesawat model, seperti ujung propeller terkikis landasan pacu, propeller patah, nose gear bengkok, nose gear atau engine mounting lepas, dudukan sayap rusak, patah pinggang di badan pesawat dll.

Untuk menghindari permasalahan tersebut diatas, landing-lah dengan AMAN.

Adapun landing yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Tentukan tempat landing
Untuk penerbang pemula yang belum pernah sama sekali melakukan landing, pilihlah untuk landing di lapangan rumput di depan landasan pacu. Asumsi: lapangan rumput sudah terpotong rapih. Alasan: lapangan rumput lebih lunak, lebih luas dan lebih memiliki daya cengkeram yang tinggi terhadap laju pesawat model dibandingkan dengan landasan pacu (mohon lihat terlebih dahulu peraturan mengenai landing, mudah-mudahan diperkenankan landing di lapangan rumput yang sejajar dengan landasan pacu
Tentukan arah landing (harus berlawanan dengan arah angin)
Terbanglah dengan maneuver fly pass diatas lapangan rumput sebanyak 10 kali sesuai dengan arah landing
Teriaklah landing sebelum anda melakukan maneuver landing, agar penerbang lain yang pada saat bersamaan sedang terbang mengetahui ada pesawat model yang akan landing.
Tunggulah konfirmasi OK dari penerbang lainnya
Tariklah napas terlebih dahulu
Bersiaplah untuk landing dengan cara melakukan terbang fly pass sebelum landasan pacu dengan kecepatan 1/3 throttle, tepat diatas lapangan rumput sejajar dengan ujung landasan pacu dengan ketinggian 2-3 m, kurangi kecepatan menjadi 0, biarkan pesawat model melakukan maneuver gliding, berikan sedikit input naik terhadap elevator, agar pesawat turun perlahan-lahan dengan indah dan elok. Usahakan untuk selalu mempertahakan sayap pesawat model anda dengan aileron sejajar dengan lapangan rumput.
Diharapkan pesawat model anda akan menyentuh lapangan rumput 20 m sebelum tempat berdiri anda, setelah itu pesawat model akan meluncur, makin lama makin melambat akibat cengkeraman rumput terhadap roda pesawat model anda dan akhirnya akan berhenti di depan anda dengan mesin yang masih menyala
Buanglah napas anda, berikan pujian untuk diri sendiri, bahwa anda sudah berhasil melakukan take off dan landing dengan baik, tersenyum dan angkat segera pesawat model anda, hati-hati anggota badan anda terkena propeller akibat mesin masih berjalan dengan sempurna.
Lakukan maneuver take off di landasan pacu dan landing di lapangan rumput berulang kali sebanyak 3 jam tanki terbang.

JANGAN LUPA, teriaklah Take Off atau Landing sebelum anda melakukan maneuver tersebut dan tunggulah konfirmasi OK dari penerbang lain !

Selamat mencoba, berlatih take off dan landing dengan aman menuju handal

Salam aeromodelling

JAC Halim
8445  Aero TechTalk Section : / Aero TechTalk / Vol 3 - Evaluasi Vol 1 & 2 on: August 27, 2007, 11:02:00 PM




Evaluasi Vol 1 dan Vol 2

Keterangan:
Vol 1: Topik-Belajar terbang dengan lebih aman dan handal
Vol 2: Topik-Belajar Gliding dan Fly Pass

Ideal:
Waktu yang bisa dialokasikan oleh penerbang pemula untuk belajar terbang adalah 3 jam per hari
Waktu yang sudah dialokasikan selama 3 jam dapat dimanfaatkan untuk 5 jam tanki terbang (5 kali terbang)
Waktu yang diperlukan untuk belajar terbang Kotak, Gliding dan Fly Pass adalah 20 jam terbang tanki.
Waktu yang diperlukan untuk belajar maneuver tersebut diatas adalah 20/5 = 4 hari
Jika anda bisa meluangkan waktu terbang secara intensif pada Hari Sabtu dan Minggu, maka dalam 2 minggu, anda pasti sudah bisa melakukan maneuver tersebut diatas.

Problem:
Kemungkinan adanya ketersediaan instruktur yang terbatas
Anda terdorong untuk menerbangkan pesawat modelnya sendiri, karena banyak menunggu di lapangan akibat ketersediaan tersebut.

Resiko:
Anda tidak bisa terbang 5 jam tanki terbang sehari
Anda tidak bisa menyelesaikan Vol 1 dan Vol 2 dalam waktu 2 minggu
Jika anda terdorong untuk menerbangkan pesawat model sendiri, maka ada kemungkinan pesawat model take off, terbang dan landing dengan kurang sempurna.

Solusi:
Instruktur lebih dari satu, sehingga program belajar Vol 1 dan Vol 2 dapat diselesaikan dalam waktu 2 minggu
Atau program belajar anda diperpanjang, dari 2 minggu menjadi 4 atau 6 minggu.
Bersabarlah sedikit, karena kelak pada hari H-nya, anda dapat menerbangkan pesawat model sendiri mulai dari take off, terbang dan landing dengan aman dan handal

Salam aeromodelling,

JAC Halim
Pages: 1 ... 556 557 558 559 560 561 562 [563] 564