Show Posts
Pages: 1 ... 546 547 548 549 550 551 552 [553] 554 555 556 557 558 559 560 ... 564
8281  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: October 09, 2008, 03:18:07 AM
Saya tambahkan informasi mengenai YS110 dan YS110S.

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan break in YS110 di \"catok\" dan kebetulan, pada saat yang bersamaan, teman saya juga sedang melakukan proses break in untuk engine YS110S.

Kita menggunakan propeler yang sama, yaitu APC 15X6, fuel yang sama, Bryon 20/20, dan busi yang sama, yaitu YS.

Besar tanki yang kita gunakan pada saat break in adalah 600 cc.

Tanki pertama dan kedua, kita lakukan dengan rpm sekitar 4000 an dengan posisi rich.

Tanki ketiga dan keempat, kita lakukan dengan rpm sekitar 6000 an dengan posisi rich

Tanki kelima, kita lakukan dengan rpm 2000-9000 an dan cari posisi peak

Tanki keenam, kita lakukan dengan rpm 2000-9000 an dan cari posisi idle

Dari break in tersebut diatas:
Peak engine YS110S bisa mencapai 11500 rpm, sedangkan YS110 hanya mencapai 10500 an.
Idle engine YS110S bisa 1800 an, sedangkah YS110 bisa 2300 an.
Konsumsi bahan bakar relatif sama, pada saat kita break in di tanki ke empat, baik YS110S dan YS110 mengkonsumsi fuel sebanyak 600 cc selama 19 menit.

Berdasarkan pengalaman tersebut, seperti YS110S lebih powerful. Saya bisa rasakan hentakan anginnya pada rpm 6000, hentakan YS110S lebih kuat dibandingkan dengan YS110.

Tapi saya tidak tahu mengenai performance-nya diudara, karena kita tidak memasang engine tersebut di pesawat yang sama dan melakukan manuever yang sama.

Mudah2an informasi ini bisa bermanfaat untuk teman2 yang sedang memilih engine untuk pesawat pattern-nya Smiley
8282  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: October 07, 2008, 02:29:03 AM
Pasti bener dech terbangnya Explorer 90 kalau untuk intermediate manuever.

Tinggal pasang engine YS110S-saya pernah lihat sendiri, rpm-nya lebih tinggi dari YS110 dengan prop yang sama dan powernya juga lebih besar dengan fuel yang sama. Saya bandingkan rpm dan power pada saat break in di\'catok\' khusus untuk break in engine, servo pakai yang high speed, fuel 20/20 Byron atau kalau mau lebih ok pakai Cool Power 30%, oil 20%, ditanggung terbangnya OK, asapnya pasti lurus Tongue, kalau bisa pasang tune pipe juga, wah genap lach..kelihatan pro-nya Wink
8283  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: October 06, 2008, 10:44:06 PM
Saya dulu pernah ambil gambar Explorer 90 dari salah satu WEB Jepang. Pesawat pattern-nya OK, kalau beli yang seperti ini, pasti ok terbangnya.

Bentuk dan coraknya persis sama dengan Excelleron 90.

Ada 2 jenis, ACRO dan RS. Kalau Acro tanpa Retract, kalau RS pakai Retract.

 
8284  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 29, 2008, 08:49:13 PM
8285  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 29, 2008, 08:28:00 PM
Ada yang bawa ARF Explorer 90 Keluaran JR. Bentuk dan corak warnanya persis sama dengan Excelleron 90, cuma Explorer 90 dirakit \"pakai balsa putih\", Excelleron 90 dirakit pakai \"balsa coklat\". Buatannya rapih sekali, professional, dan kelihatan ringan. Beda harga, beda kualitas, ibarat beli Excelleron 90 + YS110, plus 2 servo Hitec 5625 digital sama dengan 1 ARF Explorer :huh:

Nanti kalau sudah dirakit, kirim lagi fotonya :lol:

 
8286  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:Workshop F3A JAC on: September 25, 2008, 05:36:49 AM
All,

Minggu kemarin pesertanya juga tidak pada hadir.

Kita terbang manuever di JAC seperti biasa.

Awan biru kemarin, cuma sinar mataharinya lumayan \"nendang\".

Lain kali waktu kita atur untuk bertemu lagi di JAC.

Salam..
8287  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 24, 2008, 08:29:47 PM
Heli yang dulu sering terbang di JAC, sekarang sudah jarang terbang :blink: Terbang lagi donk di JAC Smiley

 
8288  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 08:06:36 PM
Beres-beres sebelum pulang B)

 
8289  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 08:05:08 PM
Sedang ngolong, bocor kali, ada oli netes Tongue

 
8290  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 08:03:33 PM
Funtana X, OK punya bentuknya, Engine YS110, pakai wheel pants, kelihatan lebih solid :side:

 
8291  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 08:01:48 PM
Engine tok cer, chicken stick, langsung nyala..Smiley

 
8292  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 08:00:13 PM
Siap manuever dengan pesawat Venus dengan engine YS91 2 stroke Smiley

 
8293  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 07:58:31 PM
Ceki2 sebelum terbang :ohmy:

 
8294  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:JAC- I N A C T I O N on: September 22, 2008, 07:56:59 PM
Fiesta Electric di JAC, baru dipoles pakai Monokote Polish, mengkilat banget, pembersih ori untuk pesawat model Wink

 
8295  Organization/Event Talk Section : / Organization/Event Talk / Re:Workshop F3A JAC on: September 20, 2008, 06:34:29 PM
OK, thanks, baru tiba di Jakarta.

Saya ikut aliran Joko Pinter aja, sampai ketemu di JAC, disebabkan adanya pemberitahuan manuever yang benar oleh para senior JAC Smiley

Kalau bisa mereka juga menerbangkan pesawatnya yang 2X2, tetapi dengan melakukan intermediate manuever. Jadi ada contoh langsung. Sementara ini ada yang bilang stall turn nya kejauhan, double stall turn-nya kurang dekat, half cuban eight keluar box..wah repot, mudah2an sekarang jadi bisa tahu yang betul sesuai penilaian para juri.

Sedang cek kapal terbang di \"gudang pesawat\" untuk besok :laugh:
Pages: 1 ... 546 547 548 549 550 551 552 [553] 554 555 556 557 558 559 560 ... 564