Bersamaan dengan belajar maneuver Half Reverse Cuban Eight, pada saat terbang dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya, terbang level (pesawat tidak terbalik) diubah menjadi terbang inverted (pesawat terbalik)
Lumayan, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui
Gambarnya terlampir
Kesalahan klasik biasanya terjadi seperti ini:
Roll rate terlalu cepat
Pesawat tidak dalam satu sumbu pada saat eksekusi inverted alias naik turun
Pesawat arahnya bergeser
Jarak antara posisi level ke inverted di sisi kanan, tidak sama dengan sisi kiri atau sebaliknya
Agar bisa tahu roll rate yang benar lihat video ini, termasuk semua gerakan maneuver F3A-nya.
Ini video-nya:
https://www.youtube.com/watch?v=wupeVZCIEiEIni skedulnya
Yang nerbangin juara dunia-namanya CPLR
Kalau belajar, gaya Maradona aja, umur 17 tahun, tapi pengalaman 100 tahun, karena banyak baca, input alias dicekokin pengalaman dari beberapa instruktur berpengalaman. Apalagi sekarang belajar dapat lebih mudah, karena ditunjang oleh IT, jadi jauhhhh lebih mudah belajar sekarang. Lihat maneuver yang bener dijalanan macet aja sekarang bisa, jaman Maradona belajar bola mana bisa
Lihat CPLR (Christophe PAYSANT-LE ROUX) terbang, roll rate-nya, pelan tapi pasti, pesawat lurus terbangnya, kecepatan sama, perhatikan asapnya, lempeng alias lurus alias ketawan gape-nya alias jagonya, jika ada maneuver yang berkaitan dengan lingkaran, bentuknya bulat, pada dasarnya satu sumbu, presisi maneuver-nya
Itu semua terjadi karena tahu teorinya berdasarkan buku panduan F3A, latihan yang serius, sehingga input terhadap throttle, aileron, elevator dan rudder tepat dalam mengeksekusi setiap manuever sesuai buku panduan
Pastikan pesawat sudah dalam kondisi seimbang, dan semua komponen bekerja dengan baik, mulai dari mesin, servo dan baterei.
Selamat membayangkan CPLR bisa terbang F3A seperti itu dan bagaimana latihannya di JAC Halim biar kita bisa seperti itu
Selamat berlatih terbang F3A di JAC Halim
Salam aeromodelling