Pages: 1 ... 115 116 117 118 119 120 121 [122] 123 124 125 126 127 128 129 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2295673 times) Bookmark and Share
0 Members and 32 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1815 on: October 21, 2013, 01:08:03 PM »



Putri Solo siap menerjang langit JAC Halim  Grin

Manuever dasar seperti inverted, roll, termasuk loop dapat dengan mudah dilakukan oleh Putri Solo Kiss

Pastikan saja pesawat sudah di-trim dengan baik, daya mesin masih berkecukupan, terutama pada saat melakukan manuever loop.

Belajar manuever dasar sangat bermanfaat, kita harus mengetahui teori untuk melakukan manuever dasar dan juga perlu tahu kemampuan Tx kita, baik fungsi dual rate, exponential dll. agar manuever yang dihasilkan dapat lebih sempurna.

Pesawat cukup 1, tapi penguasaan penuh terhadap manuever dan kemamupuan Tx diutamakan  Cool

Ditambah juga penguasaan terhadap kemampuan mesin, arti ukuran propeller dan ukuran nitro pada fuel.

Semuanya mempunyai satu kesatuan yang utuh dan makna yang sangat berarti.

Setelah kita mengetahui manuever dasar, kita bisa tahu betul, pesawat mana yang terbangnya  "enak" atau "kurang enak"  Wink

Dengan urutan manuever yang sama setiap kali terbang, kita dapat dengan mudah mengetahui kemampuan dan karakter dari suatu pesawat.

Flying by experience  Smiley

By Sony
« Last Edit: October 22, 2013, 12:45:13 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1816 on: October 22, 2013, 12:54:48 PM »



Tucano Out Of The Box

By Sony
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1817 on: October 22, 2013, 12:56:47 PM »



Ready to maiden

By Sony
« Last Edit: October 22, 2013, 02:25:18 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1818 on: October 22, 2013, 12:58:35 PM »



Testing before maiden

Penerbang disiplin terhadap keselamatan dan keamanan terbang  Cool

Test yang dilakukan adalah:
Range check Tx dan Rx dilakukan dengan cermat, pesawat melakukan taxiing dilandasan pacu JAC Halim sampai ujung kiri dan kanan
Cek nose gear, apakah pesawat sudah berjalan dengan lurus diatas garis putus-putus
Cek kelancaran roda, apakah semua sudah berputar dengan lancar atau belum
Cek throttle dan daya dorong propeller
Termasuk sebelumnya cek CG, arah aileron, elevator, dan rudder

Semua ini dilakukan, agar pada saat terbang perdana semua berjalan dengan lancar dan sempurna tanpa terjadi LOST CONTROL

Salam aeromodelling

By Sony
« Last Edit: October 22, 2013, 02:24:19 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1819 on: October 23, 2013, 01:21:51 PM »



Starter  Smiley

Tidak familier untuk penerbang yang langsung terbang elektrik  Wink

Sangat familier untuk penerbang yang terbang 2 stroke atau 4 stroke  Tongue

Katanya kalau pakai starter, mesin bisa cepat rusak. Ya nggak juga, sebab helikopter bermesin 2 stroke, dinyalakannya pasti pakai alat bantu ini  Grin

Tapi paling asoyyy..kalau terbang pesawat mesin 2 stroke atau 4 stroke, nyalakan mesinnya menggunakan chicken stick (kayu dilapis dengan selang plastik), bukan dengan menggunakan starter.

Sekali putar mesin langsung nyala, menunjukan input bahan bakar dan udara pas betul.

Terkesan mesin "tokcer", alias penerbangnya paham betul mengenai permesinan  Cool

Makin besar ukuran mesinnya, makin mudah menyalakan mesinnya.

Pada saat menyalakan mesin baik dengan chicken stick maupun starter, faktor keamanan harus diperhatikan.

Gantungan RC harus dilepas dari leher, BAHAYA tersangkut dengan propeller, Tx selalu ada disebelah kiri dengan kedudukan throttle stick diposisi rendah (jangan sampai full throttle) dan upayakan jari tangan jangan sampai tersambar propeller  Shocked

By Sony
« Last Edit: October 23, 2013, 02:00:56 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1820 on: October 23, 2013, 01:35:17 PM »



Malibu, murah amat  Tongue

By Sony
« Last Edit: October 23, 2013, 01:39:01 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1821 on: October 23, 2013, 01:38:31 PM »



Troubleshoot

Kalau sudah godeg, mesin nyala dan kadang mati, pakai starter saja nyalakannya,  biar cepat  Wink

Ini sepertinya aliran bahan bakar ada masalah, karena dari muffler selalu keluar cipratan bahan bakar yang tidak terbakar  Cry

By Sony
« Last Edit: October 23, 2013, 02:03:22 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1822 on: October 25, 2013, 12:38:26 PM »



Instrumen helikopter 3D elektrik  Smiley
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1823 on: October 25, 2013, 12:41:49 PM »



ALIGN-SUPER POWER
RCM-BL750MX
530KV K1202
CE FC
« Last Edit: October 25, 2013, 12:49:43 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1824 on: October 26, 2013, 06:42:00 PM »



Suplai baterei
« Last Edit: October 27, 2013, 06:02:23 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1825 on: October 28, 2013, 12:30:52 PM »



Suplai baterei juga  Cool
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1826 on: October 29, 2013, 01:02:55 PM »



HV BRUSHLESS, perangkat terkenal  Tongue
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1827 on: October 30, 2013, 12:33:35 PM »



TREX 700 Helicopter 3D
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1828 on: November 03, 2013, 11:59:01 AM »



Landasan pacu JAC Halim

Panjang 200 m  dan lebar 10 m, dibuat dari aspal hotmix dengan garis putus-putus ditengah landasan pacu, garis penuh dipinggir landasan pacu dan dikelilingi oleh lapangan rumput yang hijau dan terpelihara dengan baik.

Sisi sebelah kiri landasan pacu adalah Timur.

Sisi sebelah kanan landasan pacu adalah Barat.

Penerbang dapat  leluasa melakukan patroli ataupun manuever dengan pesawat atau helikopter di langit JAC Halim tanpa terganggu cahaya matahari.

Entah berapa pesawat sudah terbang dan mendarat di landasan pacu JAC Halim sejak diresmikannya JAC oleh Yth. Bapak Marsekal TNI Hanafi Asnan pada tanggal 27 Desember 2001.

Landasan pacu JAC Halim bisa menampung berbagai macam jenis pesawat mulai dari Beat Mania yaitu pesawat dengan mesin kelas 15 2 stroke sampai dengan mesin kelas 210  2 stroke untuk pesawat Extra buatan Dave Patrick atau mesin 4 stroke kelas 60  sampai 4 stroke kelas 160,

Landasan pacu JAC Halim juga bisa menampung pesawat dengan mesin gasoline kelas 30 cc – 150 cc, dan juga pesawat Ducted Fan dengan ukuran mesin 2 stroke 90.

Landasan pacu JAC Halim tentunya juga bisa menampung pesawat elektrik dengan berbagai macam ukuran.

Sudah cukup banyak pehobi aeromodelling yang menjadi anggota dan terbang di landasan pacu JAC Halim dengan pesawat latihnya, pesawat scale-nya, pesawat sport-nya, pesawat delta-nya dan juga pesawat pattern-nya.

Sudah cukup banyak mata lomba yang dipertandingkan di landasan pacu JAC Halim, mulai dari jenis mata lomba kelas fun fly sampai dengan jenis mata lomba kelas internasional.

Sudah cukup banyak atlet aeromodelling dihasilkan dari landasan pacu JAC Halim.

Landasan pacu JAC Halim memiliki keunikan tersendiri bagi para pehobi aeromodelling.  Sisi kiri landasan terletak diatas “bukit” yang landai kira-kira 5 meter dari atas tanah, sisi kanan landasan pacu sejajar dengan tanah, tetapi beberapa meter dari ujung landasan dibatasi oleh pepohonan dan tumbuhan rambat lainnya.  

Semua penerbang  berusaha untuk mendaratkan pesawatnya di landasan pacu diatas garis putus-putus dengan mulus.

Dibutuhkan keahlian dan pemahaman yang cukup mengenai karakter landasan pacu JAC Halim, agar pesawat bisa mendarat dengan mulus.

Mendarat dengan mulus diatas landasan pacu adalah kebanggaan tersendiri dari setiap penerbang  setelah melakukan penerbangan di langit JAC Halim.

Lapangan JAC Halim dipelihara oleh seluruh anggota JAC Halim.

Salam aeromodelling

Foto dibuat oleh Sony
« Last Edit: November 03, 2013, 03:21:10 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1829 on: November 04, 2013, 05:45:14 PM »



TB20 Trinidad - 3 dari 4 yang dimiliki hangar JAC

By Sony
Logged
Pages: 1 ... 115 116 117 118 119 120 121 [122] 123 124 125 126 127 128 129 ... 415   Go Up
Print
Jump to: