Landasan pacu JAC Halim
Panjang 200 m dan lebar 10 m, dibuat dari aspal hotmix dengan garis putus-putus ditengah landasan pacu, garis penuh dipinggir landasan pacu dan dikelilingi oleh lapangan rumput yang hijau dan terpelihara dengan baik.
Sisi sebelah kiri landasan pacu adalah Timur.
Sisi sebelah kanan landasan pacu adalah Barat.
Penerbang dapat leluasa melakukan patroli ataupun manuever dengan pesawat atau helikopter di langit JAC Halim tanpa terganggu cahaya matahari.
Entah berapa pesawat sudah terbang dan mendarat di landasan pacu JAC Halim sejak diresmikannya JAC oleh Yth. Bapak Marsekal TNI Hanafi Asnan pada tanggal 27 Desember 2001.
Landasan pacu JAC Halim bisa menampung berbagai macam jenis pesawat mulai dari Beat Mania yaitu pesawat dengan mesin kelas 15 2 stroke sampai dengan mesin kelas 210 2 stroke untuk pesawat Extra buatan Dave Patrick atau mesin 4 stroke kelas 60 sampai 4 stroke kelas 160,
Landasan pacu JAC Halim juga bisa menampung pesawat dengan mesin gasoline kelas 30 cc – 150 cc, dan juga pesawat Ducted Fan dengan ukuran mesin 2 stroke 90.
Landasan pacu JAC Halim tentunya juga bisa menampung pesawat elektrik dengan berbagai macam ukuran.
Sudah cukup banyak pehobi aeromodelling yang menjadi anggota dan terbang di landasan pacu JAC Halim dengan pesawat latihnya, pesawat scale-nya, pesawat sport-nya, pesawat delta-nya dan juga pesawat pattern-nya.
Sudah cukup banyak mata lomba yang dipertandingkan di landasan pacu JAC Halim, mulai dari jenis mata lomba kelas fun fly sampai dengan jenis mata lomba kelas internasional.
Sudah cukup banyak atlet aeromodelling dihasilkan dari landasan pacu JAC Halim.
Landasan pacu JAC Halim memiliki keunikan tersendiri bagi para pehobi aeromodelling. Sisi kiri landasan terletak diatas “bukit” yang landai kira-kira 5 meter dari atas tanah, sisi kanan landasan pacu sejajar dengan tanah, tetapi beberapa meter dari ujung landasan dibatasi oleh pepohonan dan tumbuhan rambat lainnya.
Semua penerbang berusaha untuk mendaratkan pesawatnya di landasan pacu diatas garis putus-putus dengan mulus.
Dibutuhkan keahlian dan pemahaman yang cukup mengenai karakter landasan pacu JAC Halim, agar pesawat bisa mendarat dengan mulus.
Mendarat dengan mulus diatas landasan pacu adalah kebanggaan tersendiri dari setiap penerbang setelah melakukan penerbangan di langit JAC Halim.
Lapangan JAC Halim dipelihara oleh seluruh anggota JAC Halim.
Salam aeromodelling
Foto dibuat oleh Sony