Pages: 1 ... 114 115 116 117 118 119 120 [121] 122 123 124 125 126 127 128 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2294622 times) Bookmark and Share
0 Members and 34 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1800 on: October 15, 2013, 10:56:05 PM »



Selesai, sudah tersimpan dengan rapih dibagasi mobil hybrid  Tongue
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1801 on: October 17, 2013, 05:11:22 AM »



Pastikan semua terpasang dengan tepat  Smiley
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1802 on: October 17, 2013, 05:13:28 AM »



Dengan tekun dan hati-hati  Wink
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1803 on: October 17, 2013, 05:20:12 AM »



Pattern-United Colours
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1804 on: October 17, 2013, 05:23:09 AM »



Beda tipis angkatannya  Tongue
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1805 on: October 17, 2013, 05:25:11 AM »



Ada sesuatu dengan aliran bahan bakarnya  Shocked
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1806 on: October 17, 2013, 05:27:17 AM »



Menuju landasan pacu  Cool
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1807 on: October 17, 2013, 05:32:12 AM »



Masih ada sesuatu yang mengganjal dalam aliran bahan bakar  Cry

Sementara tidak terbang dulu, keamanan dan keselamatan terbang prioritas nomor 1 Cool
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1808 on: October 17, 2013, 05:35:32 AM »



Kalau box ini bisa cerita, ceritanya agak lumayan  Tongue
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1809 on: October 19, 2013, 07:21:55 AM »



Bring back those good old days

By Sony
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1810 on: October 19, 2013, 07:25:37 AM »



Gentleman, Start Your Engine with Chicken Stick  Tongue

Powered by OS46AX and Cool Power 15%

By Sony
« Last Edit: October 19, 2013, 05:05:16 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1811 on: October 19, 2013, 07:32:14 AM »



Futaba T7CHP-7 Channel, 40.770, buatan tahun 2004

CHP - Khusus untuk helikopter, cirinya, throttle stick-nya tidak ada gigi-giginya, kalau yang untuk pesawat ada giginya  Cool

Kode Tx  Futaba untuk pesawat kalau tidak salah T7CAP, jarang yang punya, karena dulu gosipnya, kalau nanti mau terbang Helikopter, harus diulik lagi Tx-nya, yaitu giginya mesti dilepas atau "dibagaimanakan" gitu  Tongue

By Sony

« Last Edit: October 19, 2013, 09:03:57 PM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1812 on: October 19, 2013, 07:46:32 AM »



Take off

THOR 40-Trainer, standar pabrikan

Mesin pertama menggunakan Thunder Tiger 46, setelah kira-kira 80 kali penerbangan, bearing rusak, karena merasa sudah bisa terbang, sering dikebut dan full throttle terus, kemudian diganti OS46AX. Mesin lebih awet sekarang, karena sudah tahu terbang yang benar.

Jadi catatannya: kalau terbang itu bukan kecepatan yang diutamakan, tetapi manuever dan manajemen throttle yang tepat guna  Grin (kecuali terbang pylon race)

Propeller menggunakan APC 11X6. Pernah menggunakan Propeller Master Airscrew, kurang pas karakternya. APC lebih ok kemana-mana

Dibuat tahun 2000 (sudah dirakit sebagian, tapi lama disimpan diatas rak di langit-langit garasi)

Terbang perdana 3 Juli 2004 dan sudah 141 kali terbang jam tanki (1 tanki = 10 menit penerbangan, jadi total sudah mengudara 1410 menit atau 23.5 jam atau sebentar lagi seharian terbang  Tongue)

30 menit lagi atau 3 kali penerbangan lagi akan menjadi 1440 menit atau 24 jam atau 1 hari  Cool

Terakhir terbang pada Hari Minggu, 13 Oktober 2013 sebanyak 3 kali terbang

Setiap kali terbang selama 10 menit kira-kira menempuh jarak 10 km, jadi total sudah  1410 km, kira-kira sama dengan jarak antara Jakarta ke Jogja pp dan BSD ke Bandung pp  Grin

Kecepatan rata-rata pada saat terbang adalah 60 km per jam  Shocked

Ban Dubro, sudah mulai habis alurnya  Tongue Mungkin sudah take off dan landing sekitar 250 kali, karena dulu pernah dipakai belajar dengan metoda touch and go, cukup teruji Ban Dubro dari karet  Cool.

Sampai sekarang velg-nya masih utuh dan bagus.

Mungkin ban tersebut sudah jalan 250x100 m = 25.000 m = 25 km  Tongue, kira-kira termasuk belajar taxiing, take off dan landing, belajar touch and go  Shocked

Lumayan jauh juga, sama dengan jarak dari BSD kemudian keluar tol Ragunan kalau lewat Tol TB Simatupang  Tongue

Bahan bakar, sebagian besar Cool Power 15%, pernah menggunakan Wild Cat 15% 1 galon dan  Byron 10% 1 galon. Sudah menghabiskan 8 galon fuel, termasuk break in dan belajar taxiing dulu  Tongue

Belum pernah ganti monokote, no crash, jangan sampai Kiss

Pesawat latih tua, gpp, kalau pesawat pattern harus yang terkini, sebab pesawatnya di-design sesuai dengan urutan internasional manuever terkini  Tongue

Menurut Pak Darjo, penjaga JAC Halim, teman-teman angkatan pesawat ini sudah pada ndak ada  Grin

Pesawat latih ini digunakan untuk pengetesan receiver baru, baterei baru, atau servo baru, sebelum peralatan elektronik tersebut dipindahkan ke pesawat lain yang baru atau pesawat yang lama, yang nilai pesawatnya berkali-kali dari pesawat latih atau digunakan untuk pemanasan, karena jeda tidak pernah terbang sama sekali >= 3 bulan  Grin

Sekarang lebih banyak digunakan untuk memperkenalkan kepada anggota baru yang terbangnya dengan pesawat eletrik ukuran kecil, agar mereka tetap bisa merasakan terbang dengan pesawat bermesin seri 40 sebelum melonjak ke pesawat gasoline  Cool

Jaman sekarang di era 2012-2013, main eletrik, kalau mau yang besar langsung main gasoline  Wink

Jarang ada yang mau terbang pesawat dengan mesin 2 stroke, apalagi 4 stroke (sepertinya di JAC Halim untuk anggota baru)  Roll Eyes

By Sony
« Last Edit: October 20, 2013, 06:01:11 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1813 on: October 19, 2013, 07:49:14 AM »



Happy pilot after flying

YES

By Sony
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1814 on: October 21, 2013, 01:05:51 PM »



Putri Solo alias Tiger 60 versi Pak Harry  Smiley

Buatan tahun 2006 an, masih mulus dan terawat, standar pabrikan Pak Harry Grin

Sepertinya habis selesai terbang pesawat latih high wing, harus punya pesawat ini yaitu kelas pesawat latih low wing

Sangat cocok untuk latihan manuever dasar  Cool

Setelah bisa manuever dasar, baru beralih ke elektrik lain yang besar, baik scale, maupun pattern  Grin

Kalau mau 3D, langsung sekalian 100 cc juga tidak masalah, selama manuever dasar sudah dikuasai dengan baik  Tongue

By Sony
« Last Edit: October 21, 2013, 04:05:31 PM by Janto » Logged
Pages: 1 ... 114 115 116 117 118 119 120 [121] 122 123 124 125 126 127 128 ... 415   Go Up
Print
Jump to: