Pages: 1 ... 19 20 21 22 23 24 25 [26] 27 28 29 30 31 32 33 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2289582 times) Bookmark and Share
0 Members and 67 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #375 on: June 01, 2009, 02:44:28 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #376 on: June 01, 2009, 02:44:54 PM »



Funtana 90
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #377 on: June 01, 2009, 02:45:18 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #378 on: June 01, 2009, 02:45:56 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #379 on: June 01, 2009, 02:46:23 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #380 on: June 01, 2009, 02:46:42 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #381 on: June 01, 2009, 02:51:06 PM »



Extra, Dave Patrick Model, Engine MOKI 180 2 Stoke
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #382 on: June 01, 2009, 02:51:31 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #383 on: June 01, 2009, 02:52:03 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #384 on: June 01, 2009, 02:53:13 PM »



Funtana 40 - ganti cover-nya. Kenapa diganti, nggak pake yang ori aja? Wink
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #385 on: June 01, 2009, 02:53:45 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #386 on: June 03, 2009, 04:19:33 PM »

Funtana, Sukhoi, Extra menurut saya dapat dikelompokan ke dalam pesawat sport atau 3D aerobatics.

FuntanaS yang sering terbang di JAC adalah FuntanaS kelas 40 dan 90. Bentuknya memang menarik, hampir semua aeromodeller tertarik dengan model FuntanaS. Ada beberapa aeromodeller yang memiliki FuntanaX di JAC, tapi tidak sebanyak FuntanaS. Manuever 3D-nya OK, hover, harrier, dll. dapat diakomodasi oleh FuntanaS maupun FuntanaX. Hampir semua FuntanaS dan FuntanaX kelas 90 menggunakan engine YS110 4 stroke. Untuk FuntanaS kelas 40, ada beberapa penerbang yang menggunakan YS63S atau OS70 4 stroke,  ada juga yang menggunakan OS46AX, OS55 sampai dengan OS60 2 stroke.

Saya pernah lihat FuntanaS 90 menggunakan engine OS120 2 stroke, kelihatannya komposisinya tepat. Terlihat pada saat hover, kalau YS110, pesawat lebih kelihatan bergoyang-goyang akibat hentakan YS110 4 stroke yang demikian kuatnya, kalau OS120 2 stroke, pesawat lebih stabil, mungkin karena hentakan OS120 2 stroke tidak sekuat YS110 4 stroke. Untuk manuever 3D lainnya, OS120 2 stroke masih bisa akomodasi. Yang pasti, OS120 2 stroke investasinya lebih efisien dibandingkan YS110 4 stroke, termasuk konsumsi bahan bakarnya, OS120 2 stroke dengan Cool Power 15% sudah OK, YS110 4 stroke kalau mau OK harus pakai Byron 20% atau Omega 30%, Byron 15% kurang ”nendang”:silly:

Sukhoi yang sering terbang di JAC adalah Sukhoi kelas 120. Kebanyakan mereka menggunakan mesin OS120 4 stroke. Sukhoi tersebut buatan Pak Harry. Ada yang berwarna biru, merah dan kuning. Bentuknya tidak kalah menariknya dengan FuntanaS atau FuntanaX. Buatannya rapih sekali. Sukhoi yang ada di foto terlampir semuanya adalah buatan Pak Harry, made in DN :kiss: , T O P :cheer: .....Manuever 3D-nya OK, tidak kalah dengan FuntanaS dan FuntanaX.

Sepertinya jenis pesawat Sukhoi sekarang sudah menjadi barang koleksi. Banyak aeromodeller menyimpan pesawat ini, karena bentuknya classic dibandingkan dengan jenis pesawat lainnya.

OK juga sepertinya kalau diadakan terbang bareng khusus pesawat Sukhoi 120. Terbang di Halim membuat manuever kotak-horizontal dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri tergantung arah angin pada saat take off (manuever lapangan bola seperti manuever aeromodeller yang sedang belajar terbang). Manuever ini dilakukan oleh Sukhoi 120 bersamaan, kalau bisa sampai 10 pesawat atau lebih.

Take off dilakukan satu persatu, tapi take off baru akan dilakukan kalau  semua Sukhoi engine-nya sudah siap terbang dan sudah antri di landasan pacu, jadi seperti balap F1, asep dan baunya sudah kemana2 ....keren sepertinya Smiley

Extra yang terlampir adalah keluaran Dave Patrick Model (DPM), menggunakan Engine Moki 180 2 stroke. Pesawat ukuran besar, jauh lebih besar dari Funtana dan Sukhoi yang sering terbang di JAC. Pesawat jenis sport yang patut dimiliki aeromodeller. Manuevernya lebih pasti dan tegas dibandingkan dengan Funtana dan Sukhoi yang ada fotonya. Hanya kebutuhan servo-nya sepertinya sudah lain dengan Funtana maupun Sukhoi, karena berat badan pesawat Extra DPM mungkin sudah lebih dari 5 kg. Bentuknya tidak kalah menarik dengan Funtana dan Sukhoi. Buatannya rapih, sama rapihnya dengan Sukhoi. Warna kuning, sangat menarik dan enak dipandang pada saat terbang di langit biru. Tidak banyak yang punya pesawat Extra DPM, tapi tetap saja ada yang punya pesawat Extra DPM ini di JAC, sampai-sampai 1 orang punya 2 Extra DPM, jarang terbang lagi :lol:

Jika anda sudah handal melakukan basic manuever dengan Tiger 60, dan anda tertarik dengan pesawat 3D, 3 pesawat terlampir adalah pesawat yang cocok untuk 3D dan terbukti OK :side:
Logged
Paul Sihotnag
Newbie
*
Offline Offline

Posts: 35



View Profile
« Reply #387 on: June 04, 2009, 03:52:38 AM »

Tidak banyak yang punya pesawat Extra DPM, tapi tetap saja ada yang punya pesawat Extra DPM ini di JAC, sampai-sampai 1 orang punya 2 Extra DPM, jarang terbang lagi.

membaca tulisan diatas, sepertinya saya tau siapa oknumnya, hehehe:silly:  
saya pernah liat kerumahnya,, keren bgt tuh pesawat. yg satu masih mulus, yang satunya lg sangat mulus. kayaknya belum pernah nyentuh runway jac, hehe..

mas janto kemana nih? udah mulai jarang terbang, lg tugas ya mas?
minggu terbang ngak mas??
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #388 on: June 04, 2009, 11:05:09 PM »

Thanks untuk informasinya mengenai Extra DPM. Masih ada yang original rupanya, bener-bener masih ada yang utuh..menarik untuk di ”follow up”

Sedang tugas, jadi sementara ini belum terbang. Minggu depan juga belum sempat terbang.

Bagaimana dengan Tiger 60-nya?

Engine makin OK?

Sudah berapa kali terbang?

Mudah-mudahan sudah lebih sempurna inverted dan half reverse cuban eight maneuver-nya.

Selamat terbang dengan aman dan handal, terbang terus, pastikan pesawat tetap utuh, hanya bannya yang “botak”
Logged
Teddy Hartanto
Moderator
Jr. Member
*****
Offline Offline

Posts: 94



View Profile
« Reply #389 on: June 06, 2009, 01:11:09 PM »

ralat pak yanto...sebenarnya saya punya 3 extra 330L dari DPM ,1 extra dari TWM he,,he,,cuma yg satu lagi belum sempet dicover ulang, belum sempet dibawa ke pak satrio...
saya suka extra yg dari DPM karena canopy nya besar, dan body agak gemuk..jadi cantik sekale...foto menyusul ya..
Logged
Pages: 1 ... 19 20 21 22 23 24 25 [26] 27 28 29 30 31 32 33 ... 415   Go Up
Print
Jump to: