Pages: 1 ... 102 103 104 105 106 107 108 [109] 110 111 112 113 114 115 116 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2305217 times) Bookmark and Share
0 Members and 11 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1620 on: September 18, 2013, 08:43:03 AM »



Penerbangan ke 11, sudah hampir bisa terbang solo untuk terbang membuat kotak dari kanan ke kiri (belajar belok kiri)  Cool

Bergabung dengan JAC Halim sejak 18 Aug 2013, hanya Hari Minggu bisa melakukan penerbangan, sampai dengan tanggal 16 Sep 2013 kemarin sudah bisa mengantongi 11 kali penerbangan (1 kali penerbangan 5 menit).

Biasanya. pada saat di JAC Halim kelas pagi, penerbangan pertama sekitar jam 07:00 cukup bagus, karena mungkin jempol agak masih sedikit kaku dan terselamatkan oleh angin yang belum ada  Wink

Penerbangan kedua, biasa lebih bagus dari yang pertama, karena jempol sudah sudah tidak kaku, dan angin masih bersahabat  Cool

Penerbangan ketiga, bagus, karena sudah lebih PD, walaupun angin sudah mulai bertiup sepoi-sepoi, tetapi malah menambah nikmatnya terbang di JAC Halim  Grin

Penerbangan keempat, mulai menurun, karena waktu jeda istirahat cukup lama, angin mulai kencang bertiup dan tanpa disadari sudah mulai letih, terbang menurun, malah hampir crash, dengan stall disisi kiri dan pesawat menghilang dari penglihatan, karena penerbang memperhatikan hal yang lain pada saat isnruktur melakukan aktivitas lain yaitu foto-foto  Tongue, untung masih bisa diselamatkan, elevator di up, tidak lama kemudian pesawat muncul dari antara pepohonan di hutan sebelah kanan  Kiss

Penerbangan kelima, mulai menurun, terbang harus didampingi dengan ketat, karena mulai letih dan angin lebih kencang.

Memang paling baik untuk belajar adalah terbang pagi hari jam 07:00-08:00, tanpa angin, terbang sebanyak 4 kali cukup dan sesuai SOP Belajar Terbang (catatan: penerbangan ke 4 perlu pengawasan ekstra  Tongue)

Tujuan akhir: belajar terbang dengan handal dan aman (tanpa pesawat crash)

Selamat terbang dan berlatih di JAC Halim
« Last Edit: September 18, 2013, 09:14:47 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1621 on: September 18, 2013, 09:10:16 AM »



Sertitrans kalau yang ini, serah terima transmitter  Smiley

Dilakukan dalam rangka mendaratkan pesawat yang akan dilakukan oleh instruktur.

Kalau belajar terbang pesawat, belajar belok kiri dan kanan dulu sampai handal, baru belajar take off dan landing.

Berdasarkan pengamatan, belajar terbang belok kiri dan kanan akan menjadi handal, kalau sudah melakukan 20 kali penerbangan belok kiri dan 20 kali penerbangan belok kanan (1 kali penerbangan = 10 menit).


Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1622 on: September 18, 2013, 09:17:25 AM »



Mengulang contoh belajar belok kiri yang benar sesuai dengan SOP Belajar Terbang JAC Halim dengan masih adanya enerji listrik yang tersisa Smiley

Lihat Belajar Terbang dengan Aman dan Handal di http://forum.jac.or.id/index.php?topic=382.0
« Last Edit: September 18, 2013, 09:39:49 AM by Janto » Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1623 on: September 20, 2013, 08:59:56 AM »



Memperhatikan proses landing di Tx  Smiley
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1624 on: September 20, 2013, 09:01:45 AM »



Beng segera arah balik, enerji listrik sudah mulai habis  Wink
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1625 on: September 20, 2013, 09:19:57 AM »



Landingggg....
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1626 on: September 20, 2013, 09:22:08 AM »



Agak sedikit terhempas kena angin yang sudah bertiup cukup keras  Wink
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1627 on: September 20, 2013, 09:24:32 AM »



Selesai, Cessna dengan suling merparti, agar lebih terdengar pada saat belajar, pesawat menuju atau menjauh dari penerbang.

Catatan penting: simulator sangat membantu proses belajar terbang  Cool
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1628 on: September 20, 2013, 09:28:46 AM »



Tampilan pesawat keren, dan masih bisa akomodasi belajar terbang dengan pesawat ini, hanya lebih baik pagi hari sebelum jam 08:00
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1629 on: September 20, 2013, 09:31:02 AM »



Habis belajar taxiing sekalian habiskan enerji listrik di dalam baterei. kemudian menuju appron
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1630 on: September 20, 2013, 09:33:12 AM »



Bangga atas pesawat yang tetap utuh setelah 11 kali penerbangan  Cool

Pertahankan.........., belajar pilot betulan juga tanpa crash  Tongue
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1631 on: September 21, 2013, 09:37:06 AM »



Siap-siap terbang bergabung dengan penerbang lainnya
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1632 on: September 21, 2013, 09:39:46 AM »



Sudah mengudara bersama penerbang lainnya  Smiley

Maksimum hanya 5 penerbang yang boleh terbang di JAC Halim
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1633 on: September 21, 2013, 09:41:19 AM »



Hati-hati, pesawatnya tertukar  Tongue
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #1634 on: September 21, 2013, 09:42:58 AM »



Fly pass bersamaan diatas landasan pacu JAC Halim sepanjang 200 m dan lebar 10 m  Cool
Logged
Pages: 1 ... 102 103 104 105 106 107 108 [109] 110 111 112 113 114 115 116 ... 415   Go Up
Print
Jump to: