Pages: 1 ... 10 11 12 13 14 15 16 [17] 18 19 20 21 22 23 24 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2290115 times) Bookmark and Share
0 Members and 35 Guests are viewing this topic.
Teddy Hartanto
Moderator
Jr. Member
*****
Offline Offline

Posts: 94



View Profile
« Reply #240 on: March 07, 2009, 12:27:03 PM »

pauljs wrote:
Quote
Janto wrote:
Quote
Gpp alias tidak apa. Langsung perbaiki di bengkel resmi JAC Wink Hubungi Pak Kud - 08128327583 di daerah perempatam Taman Mini atau Pak Casmin 02193459300 di daerah  Mabes ABRI Cilangkap. \"sebentaran\" aja itu sich beres perbaikannya.

Cek lagi titik keseimbangannya, servo dll. sesuai keselamatan terbang sebelum anda terbang lagi.

Hindari jatuhnya pesawat atau helikopter, karena akan membahayakan orang lain :ohmy:

Perbedaan signifikan belajar terbang pesawat dan helikopter adalah:
Pesawat terbang: belajar terbang, belok kiri dan kanan, naik dan turun terlebih dahulu sampai handal, baru belajar take off dan landing.
Helikopter, belajar take off dan landing terlebih dahulu sampai handal, baru belajar terbang, belok kiri dan kanan, naik dan turun.

Selamat terbang dengan aman dan handal :side:


trimaksih pak atas informasi dan masukannya.
btw pak kalo mau beli buku latihan yang tentang pesawat dimana ya pak??

thx

ngga usah pake buku pak...langsung aja praktek di lapangan..pasti lebih cepet bisa...yang penting jangan putus asa, selama masih bisa diperbaiki lanjutt terus..
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #241 on: March 07, 2009, 11:15:47 PM »

Sama-sama.

Saya dulu pernah cari di Gramedia, Gunung Agung, Times atau Konikunia (kl nggak salah nama toko bukunya), tapi tidak ada.

Saya belajar terbang berdasarkan bimbingan para senior saya di JAC, teman dari club lain dan beberapa informasi dari internet LN (saya tidak simpan web address-nya)

Bimbingan belajar, informasi yang saya peroleh dari internet dan pengalaman saya belajar terbang saya rangkum di WEB JAC. Lihat artikel JAC WEB\\Forum\\AeroTechTalkSection\\Belajar Terbang Aman dan Handal, Vol 2-Belajar Gliding dan Fly Pass, Vol 3-Evaluasi Vol 1 dan 2, Vol 4-Belajar Take Off dan Landing.

Waktu saya belajar dengan metode tersebut, pesawat latih sayap atas saya tetap utuh sampai sekarang. Kerusakan yang pernah terjadi pada waktu itu adalah nose gear copot, fire wall rengat, sayap kiri dan kanan \"beset-beset\", beberapa bagian monokote ada yang sobek, dan ban botak.

Mudah2an artikel tersebut bisa dipakai sebagai bahan referensi belajar terbang dengan pesawat latih sayap atas anda.

Selamat terbang dengan aman dan handal :side:
Logged
Paul Sihotnag
Newbie
*
Offline Offline

Posts: 35



View Profile
« Reply #242 on: March 09, 2009, 05:06:39 AM »

hehe... saya setuju bgt nih sama pak teddy.
yg penting praktek ntar teorinya tanya sama pak teddy aja dan senior jac lainnya.
dan selama masih ada tukang yg bisa repair dan masuk sama dompet saya,tetap semangat hehe..Smiley
Logged
Chakra
Jr. Member
**
Offline Offline

Posts: 84


View Profile
« Reply #243 on: March 10, 2009, 12:26:47 PM »

Logged
Chakra
Jr. Member
**
Offline Offline

Posts: 84


View Profile
« Reply #244 on: March 10, 2009, 12:27:39 PM »

Hari Minggu, cuaca cerah, langit sedikit berawan.
Pilot berdiri pada posisi yg sempurna, baju rapi, topi, sunglass, sepatu, kaos kaki lengkap. Jangan lupa antena TX dipanjangkan, kecuali 2.4.
Tambah throttle, tambah elevator, jaga rudder, wuus....... pesawat take off sempurna.
Ini bagian yg tidak terlalu sulit. Asal mesin tidak batuk2 atau mati.
Yan, anda kenal pilotnya? Hehe...
Logged
Chakra
Jr. Member
**
Offline Offline

Posts: 84


View Profile
« Reply #245 on: March 10, 2009, 12:51:18 PM »


Landing . . . .
Pesawat terbang rendah & pelahan, kl.1 meter diatas runway. Throttle sudah di cut. Pilot konsentrasi penuh.
Elevator diangkat sedikit, pesawat tambah pelan & turun.
50cm diatas runway, ketiga roda sejajar dng runway, elevator ditahan terus.
10cm diatas runway, pesawat sudah siap untuk landing. Wing level, jalur pesawat ditengah runway, 3 point ready...
Wuuus, pesawat landing dengan sempurna. Pilot senyum2, puas......
Isi fuel, mau terbang lagi. Sayang ada tilpon dr. rumah jadi harus pulang.....
Tapi hati senang, landing perfect, pesawat utuh, minggu depan terbang lagi.
Logged
Teddy Hartanto
Moderator
Jr. Member
*****
Offline Offline

Posts: 94



View Profile
« Reply #246 on: March 10, 2009, 05:30:14 PM »

pak cakra...ultimate saya sebelum cium bumi bisa di upload ngga fotonya...makasih
Logged
Chakra
Jr. Member
**
Offline Offline

Posts: 84


View Profile
« Reply #247 on: March 10, 2009, 09:30:12 PM »


Ultimatenya Pak Teddy.
Test engine sebelum take off. Full throttle, OK.
Take off, full throttle, tambah elevator sedikit, pesawat naik.
Ada cross wind sedikit, pesawat agak oleng kekanan.
Pilot counter dengan cepat aeleron kiri, wuuus....
Ultimate take off dengan sempurna. . .:lol:
Sayang dead stick agak jauh, landingnya kurang sempurna.
Logged
Teddy Hartanto
Moderator
Jr. Member
*****
Offline Offline

Posts: 94



View Profile
« Reply #248 on: March 10, 2009, 11:53:25 PM »

dead stick karena cowling nya baru dan tertutup rapet....dan untuk kedepan saya lebih enjoy pake piper cup aja deh...slow flyer soalnya...
Logged
Paul Sihotnag
Newbie
*
Offline Offline

Posts: 35



View Profile
« Reply #249 on: March 11, 2009, 04:42:12 AM »

Chakra wrote:
Quote

Landing . . . .
Pesawat terbang rendah & pelahan, kl.1 meter diatas runway. Throttle sudah di cut. Pilot konsentrasi penuh.
Elevator diangkat sedikit, pesawat tambah pelan & turun.
50cm diatas runway, ketiga roda sejajar dng runway, elevator ditahan terus.
10cm diatas runway, pesawat sudah siap untuk landing. Wing level, jalur pesawat ditengah runway, 3 point ready...
Wuuus, pesawat landing dengan sempurna. Pilot senyum2, puas......
Isi fuel, mau terbang lagi. Sayang ada tilpon dr. rumah jadi harus pulang.....
Tapi hati senang, landing perfect, pesawat utuh, minggu depan terbang lagi.



mantap.. saya jadi ngiri, hehe..

artisnya masih sama dengan minggu lalu, alias pesawat jatuh lagi. hehe.. (tertawa dalam kesedihan).

walaupun uang jajan abis. semangat terus,, hehe..
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #250 on: March 14, 2009, 06:32:56 PM »

Chakra wrote:
Quote


Salah satu penerbang yang rajin sekali terbang di JAC :cheer:

Penerbang selalu berpenampilan rapih
Penerbang selalu mengindahkan keselataman terbang
Penerbang selalu menunggu proses antrian sebelum terbang
Penerbang selalu melakukan penerbangan yang tertib dan aman
Penerbang selalu membersihkan pesawat dan helikopternya dengan seksama
Penerbang selalu menjaga kebersihan lingkungan
Penerbang selalu meletakkan took kit-nya dengan rapih
Penerbang selalu memarkir kendaraannya dengan lurus

Salah satu penerbang yang patut diteladani :side:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #251 on: March 14, 2009, 06:42:07 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #252 on: March 14, 2009, 06:43:13 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #253 on: March 14, 2009, 06:49:10 PM »

Pesawat Delta, saya agak bingung :unsure: pesawat ini masuk kelompok apa. Tidak scale, tidak 3D, dan juga tidak pattern, tapi manuever yang dapat dilakukannya bisa mencakup pesawat scale, 3D dan pattern, walaupun manuevernya tidak terlalu sempurna. Yang pasti, mengasyikan juga terbang pesawat Delta, perlu keahlian tersendiri Smiley

Pesawat Delta, bentuknya unik, engine kelas 90 2 stroke, terletak di belakang, cylinder head pakai pendingin seperti mesin helikopter, muffler sudah dimodifikasi, suaranya lain dari yang lain, menunjukkan karisma pesawat tersebut, karburator selalu ditutup kain putih jika sedang parkir. Pada saat terbang lurus, nampak dari kejauhan pesawat Delta tersebut seperti Pesawat Concorde sedang melaju menuju kecepatan 1 mach. Pesawat stabil dan mampu memberikan roll maneuver yang takjub.  

Penerbang pesawat Delta ini adalah salah satu aeromodeller sejati di JAC. Jika beliau terbang, maneuver-nya lain dari yang lain. Senang sekali terbang jika angin sedang bertiup kencang diatas rata-rata. Pesawat ini bisa diam tidak bergerak maju atau mundur diujung kanan atau kiri landasan pacu dengan ketinggian 30 m selama 1-3 menit, kemudian turun perlahan-perlahan, selama kurang lebih 1 menit, sehingga pesawat Delta menyentuh landasan pacu. Proses me-landing-kan pesawat Delta-nya hampir sama seperti proses me-landing-kan helikopter. Jempol beliau memang lain dari yang lain, belum pernah saya melihat penerbang di JAC, yang keterampilan dan keunikan terbangnya sama dengan beliau.  

Pernah saya lihat sekali waktu, beliau membimbing penerbang menerbangkan pesawat sayap atas, ukuran besar, menggunakan engine 120 2 stroke, warna pesawatnya kombinasi dari merah, biru dan kuning. Bahan monokote-nya yang tembus pandang, sehingga kita bisa melihat rangka pesawat yang terbuat dari balsa baik di sayap maupun dibadan pesawat. Saya pikir pesawatnya lebih besar daripada pesawat Cessna yang baru saya tampilkan, terutama panjang dan lebar sayapnya.

Take off dilakukan oleh beliau, dan pada saat akan landing, transmitter diberikan lagi kepada beliau. Pada waktu itu angin bertiup cukup kencang dari kiri ke kanan, Beliau terus terbang, melakukan maneuver-manuever yang lazim dilakukan oleh pesawat scale sampai bahan bakarnya habis. Pada saat mesin mati dan propeller sudah berhenti di jam 2, pesawat langsung diarahkan ke ujung landasan pacu sebelah kanan, berputar, menghadap landasan pacu dan tiba-tiba pesawat bisa berhenti pada ketinggian kurang lebih 30 m, tidak turun, tidak naik, tidak maju tidak mundur, diam di satu titik, kurang lebih 2-3 menit, kemudian pesawat maju perlahan-lahan dan turun mencapai ketinggian kurang lebih 7 m diatas landasan pacu dan bergeser ke kanan perlahan-lahan dan akhirnya mendarat dengan mulus seperti helikopter tepat di heli pad yang ada semennya….....edan !@#$%^&*()-+ B) Sad Smiley :laugh: :cheer: Wink Tongue :angry: :unsure: :ohmy: :huh: :dry: :lol: :silly: :side:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #254 on: March 14, 2009, 06:51:33 PM »

Logged
Pages: 1 ... 10 11 12 13 14 15 16 [17] 18 19 20 21 22 23 24 ... 415   Go Up
Print
Jump to: