Janto
|
|
« Reply #1020 on: April 06, 2011, 10:07:17 PM » |
|
Baru selesai perbaiki YS110 Problem: Kompresi tidak ada Solusi: Buka tutup klep Pushroad sebelah kanan macet, sehingga klep buka terus. Buka tutup camgear, agak sulit bukanya, diketok perlahan-lahan sampai terbuka. Terlihat pushroad sleeve memang macet. Diketok perlahan-lahan sampai keluar Sleeve ada kerak, dibersihkan dengan amplas paling halus. Dioles sedikit minyak, kemudian dipasang kembali dan menjadi lancar Pada waktu pasang camgear, pastikan ada tanda titik bersamaan dengan TDC (posisi piston paling top) Periksa gap di klep (0.1 mm), dan ok kerenggangannya.. Pasang busi, dan periksa kompresi jedeg jedeg jedeg Isi fuel Putar propeller 10 kali, nyalakan dengan starter, dan tidak nyala Pancing dengan cara memasukan sedikit fuel melalui air intake Putar propeller 10 kali, nyalakan dengan starter, dan nyala Mesin masih ok, idle sekitar 2500 an, rpm tertinggi sekitar 10.000 rpm Break in lagi mesinnya, kasih rich, dan tahan rpm di 4000 an Propeller 15X6, sepertinya kekecilan, harus diubah ke 16X6 atau 17X6 Konsumsi waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin kir-kira 30 menit
|
|
« Last Edit: April 06, 2011, 10:09:23 PM by Janto »
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1021 on: April 07, 2011, 09:12:20 AM » |
|
Mesin di break in kurang lebih 5 menit, sudah bisa idle, bukaan masih 2, biar rich dulu. Kondisi mesin masih prima, busi tahun 2007 masih berfungsi Tips: Kalau mesin ada yang macet, dan sudah tahu dari rumah mau diperbaiki di lapangan, jangan lupa bawa WD40 atau sejenisnya. Kemarin terpaksa pakai after run oil sebagai pelumasnya, sebenarnya tidak terlalu dirokemendasikan.
|
|
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1022 on: April 07, 2011, 03:47:29 PM » |
|
|
|
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1023 on: April 07, 2011, 03:51:07 PM » |
|
|
|
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1024 on: April 07, 2011, 04:09:05 PM » |
|
Pesawat tampak dari belakang, kelihatan seperti betulan, karena cowl-nya tidak tampak. Ada yang masih harus diperbaiki dari pesawat ini, yaitu cowl dan switch. Cowl seperti kurang banyak lubang keluar udaranya, bisa panas mesinnya nanti. Switch terbalik pasangnya, harusnya off pada posisi ditarik dan on pada posisi ditekan. Jadi pada saat terbang, kemungkinan kecil sekali switch mati, karena posisi pindah dari on ke off. Kalau switch off pada posisi ditekan, dan on pada posisi ditarik, ada kemungkinan pada saat akan terbang, atau pada saat terbang, atau pada saat mau turun, switch bisa berubah karena tertekan, mungkin oleh kekuatan angin, atau mungkin monokote lepas, dan menekan switch menjadi off atau pada saat mau terbang, ada benda terbang menyenggol switch dan banyak kemungkinan lainnya. Pada pesawat ini, switch (di kiri bawah) kedudukannya sangat mudah untuk tertekan. Sama dengan switch yang digeser, direkomendasikan posisi on adalah sejalan dengan jalannya pesawat atau helikopter, jangan terbalik dengan jalannya pesawat atau helikopter. Sepertinya belum pernah ada kejadian switch off karena dorongan angin, tapi koq kelihatannya "pamali" kalau kelihatan on tapi arahnya ke depan berlawanan dengan laju pesawat atau helikopter Penerbang JAC sudah mengikuti kaidah ini keamanan terbang no 1
|
|
« Last Edit: April 07, 2011, 04:12:30 PM by Janto »
|
Logged
|
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1026 on: April 07, 2011, 04:21:48 PM » |
|
Baru bilang businya masih bagus, ternyata setelah break ini 5 menit, busi menjadi rusak, maklum sudah 3 tahun Ciri-ciri busi tidak berfungsi dengan sempurna, pada saat glow plug heater masih terhubung dengan busi, mesin berjalan dengan sempurna, pada saat dilepas, jalannya mesin pincang, dan kalau ditambah throotle, mesin mati Sedang ganti busi baru, jangan lupa bawa stok spareparts, kalau nggak, bisa "garing" di lapangan
|
|
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1027 on: April 07, 2011, 04:31:59 PM » |
|
Duduk nyaman di apron , tidak jadi taxiing, baterei receiver habis Bahaya sekali, untung belum taxiing, tanda-tanda servo tidak respon sudah tampak yaitu respon lambat, tiba-tiba flaps dan mesin ke fail safe position Jelas saja baterei receiver habis, sebab sudah dikonsumsi untuk setting sbb: Setting sayap 45 menit Setting rudder 15 menit Setting throotle 10 menit Setting rudder 5 menit Break in 10 menit Others 10 menit Total 95 menit Kalau sekali terbang 10 menit, maka 95 menit sama dengan terbang 9 kali Harus terus perhatikan kondisi baterei (apakah kondisi baterei masih ok atau harus ganti baterei yang baru) Pada saat diukur, kondisi baterei = 3.9 Volt Segera bikin bersih pesawat dan pulang, ubah arah switch dulu dan tambah lubang angin di cowl
|
|
« Last Edit: April 07, 2011, 04:37:38 PM by Janto »
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1028 on: April 07, 2011, 04:57:36 PM » |
|
Di Orange Workshop Bali View Cirendeu Jakarta Selatan Minta tolong ubah switch, tambah lubang angin di cowl, termasuk adjust spinner untuk propeller 16X6. Ada restoran dibawah workshop tersebut, Soto Bandung, enak, seger Untung sebagian setting sudah dibantu principal dan senior JAC. Kalau dihitung, tidak tahu labour cost-nya berapa Sayap dibantu 2 principal 1 senior, untung 1 principal cepat pulang Kerjanya pada saat hari libur, yaitu Hari Minggu, lebih mahal lagi bayarannya, karena hari libur Terus di remote area kerjanya he he, jauh dari mall, restoran dan ruang AC Datang pakai kendaraan pribadi, ntah bensinnya berapa, apalagi salah satunya datang pakai mobil diatas 4000 cc Kata senior, mangkanya jadi anggota yang baik-baik, jadi bisa dibantuin Baik-baik menurut definisi JAC adalah bayar iuran tepat waktu dan mengikuti tata tertib JAC Terima kasih banyak principal dan senior atas bantuannya setting pesawat
|
|
« Last Edit: April 07, 2011, 05:02:55 PM by Janto »
|
Logged
|
|
|
|
Chakra
|
|
« Reply #1029 on: April 12, 2011, 07:14:04 AM » |
|
Hyperion 720i duo3 with 1000 watt switching power supply. Hari Minggu kemarin saya baru coba charger ini dirumah dan dilapangan. Battery yg dicharge Hyperion 6500 @ 6 cell, 5C max. Power Supply 24V-42A. Dirumah bisa charge 20A tiap set battery, sedang dilapangan karena genset cuma 2000watt, hanya charge 15A. (ada member juga lagi ngecharge...) Dengan batt. sisa 15-20%, perlu waktu 20-25 menit. Kalau batt. 5000mah tentu bisa lebih cepat. Tapi pastikan bisa dicharge >4C.
|
|
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1030 on: April 13, 2011, 06:52:09 PM » |
|
Switch sudah diperbaiki, baterei baru sudah charge. Sedang cek aliran listrik menggunakan switch yang baru dengan cara mencabut salah satu kabel servo dari receiver, kemudian memasukkan jack voltmeter ke receiver dengan status switch = ON. Switch berfungsi sempurna
|
|
|
Logged
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1031 on: April 13, 2011, 06:56:39 PM » |
|
Cek fungsi switch melalui charger jack, status switch off. Switch berjalan dengan sempurna
|
|
|
Logged
|
|
|
|
|
|
Janto
|
|
« Reply #1034 on: April 13, 2011, 07:06:43 PM » |
|
Cek ulang Spinner ok Propeller 16X6 Cowling sudah berlubang Switch baru Switch - arah on ditekan dan arah off ditarik Tinggal terbang
|
|
|
Logged
|
|
|
|
|