Pages: 1 ... 30 31 32 33 34 35 36 [37] 38 39 40 41 42 43 44 ... 415   Go Down
Print
Author Topic: JAC- I N A C T I O N  (Read 2293067 times) Bookmark and Share
0 Members and 28 Guests are viewing this topic.
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #540 on: July 30, 2009, 02:34:30 PM »



Tampak dari samping pesawat Element, mesin YS170 4 Stroke lengkap dengan tune pipe..
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #541 on: July 30, 2009, 02:35:17 PM »



Tampak dari atas pesawat Element, Engine YS170 4 Stroke dengan tune pipe
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #542 on: July 30, 2009, 02:39:17 PM »



Engine YS170 4 Stroke menggunakan tambahan CDI.

Kemajuan terakhir dari teknologi mesin YS170 4 Stroke adalah penggunaan CDI.

CDI atau Capacitive Discharge Ignition secara umum adalah sebuah alat yang mampu menghasilkan energi spark yang sangat kuat di seluruh rentang RPM, mulai dari RPM rendah pada saat start sampai sangat tinggi pada saat berakselerasi kencang.

YS170 CDI ini sangat unik, bahan bakar tetap methanol, tetapi menggunakan ignition (ada spark plug-busi)

Keuntungan:
• Start mesin lebih mudah, tidak perlu menggunakan glow plug heater.
• Timing bisa distel, sehingga tidak terjadi detonasi, vibrasi mesin lebih kecil.
• Idle bisa lebih rendah, konon bisa  mencapai 1400 RPM (tergantung dengan ukuran propeller)
• Pembakaran lebih effisien, sehingga bahan bakar lebih hemat.
• Konon bisa menggunakan Nitro lebih rendah dengan power yang sama pada saat menggunakan Nitro tinggi tanpa CDI.
• Mesin tidak mudah mati.

Kerugian:
• Berat bertambah kurang lebih 100 gram.
• Adanya tambahan baterei untuk CDI

Pada saat test flight, fuel menggunakan Nitro 30%, power mesin sangat lebih dari cukup
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #543 on: July 30, 2009, 02:42:02 PM »



Tune pipe terpasang dengan ajeg didudukannya.
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #544 on: July 30, 2009, 02:44:07 PM »



Engine mounting di-design khusus untuk YS170 4 stroke.

Terlihat shock absorber yang berwarna merah. Tujuannya adalah untuk mengurangi vibrasi mesin.

Konon minyak di dalam absorber harus diganti setelah melewati beberapa jam terbang:ohmy:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #545 on: July 30, 2009, 02:45:02 PM »



Nose ring di-design khusus untuk YS170 4 stroke.

Terlihat nose ring yang berwarna silver. Tujuannya adalah untuk menahan mesin, agar posisinya tidak berubah pada saat throttle berubah-ubah.

Nose ring merupakan satu kesatuan dengan engine mounting
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #546 on: July 30, 2009, 02:46:31 PM »



Servo di-design khusus untuk sayap. Biasa disebut dengan servo Low Profile.
Bentuk tipis, sehingga servo tidak menonjol pada saat dipasang di sayap.

Speed   : 0.18 sec/60° @ 4.8V
Torque   : 81 oz-in (5.8 kg-cm) @ 4.8V
Weight   : 1.9oz  (53g)
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #547 on: July 30, 2009, 02:47:58 PM »

Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #548 on: July 30, 2009, 02:49:23 PM »



Servo elevator menggunakan Futaba S9650-DIGITAL MINI SERVO sebanyak 2 buah. Dengan 2 servo, makan linkage bisa lebih pendek, mengurangi slop.

         
Speed   : 0.14 sec/60° @ 4.8V
           0.11 sec/60° @ 6.0V
Torque   : 50 oz-in (3.6 kg/cm) @ 4.8V
          63 oz-in (4.5 kg/cm) @ 6.0V
Weight   : .92oz (26g)
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #549 on: July 30, 2009, 02:51:13 PM »



Throttle servo
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #550 on: July 30, 2009, 02:59:44 PM »

Informasi yang berkaitan dengan Engine YS170 4 stroke CDI saya rangkum berdasarkan diskusi informal dengan pemilik pesawat Element, penerbang senior di JAC dan beberapa literatur yang saya baca.

Jika ada informasi kurang tepat, mohon kesediannya untuk meralat informasi yang kurang tepat.

Informasi yang tepat dan sederhana mudah-mudahan dapat membantu kita semua untuk mengetahui perkembangan aeromodelling terkini.

Selamat terbang dengan aman dan handal :cheer:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #551 on: July 30, 2009, 03:22:36 PM »

Informasi tambahan, Engine YS170 4 stroke ini digunakan oleh para juara dunia pattern 2007 urutan 1, 2 dan 3 :woohoo: :side:
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #552 on: July 30, 2009, 06:49:22 PM »



Adalah memiliki kesan tersendiri terbang di lapangan JAC pada saat cuaca cerah di awal pagi hari. Tiba di lapangan sebelum matahari terbit dan terbang beberapa saat menjelang matahari terbit.

Perjalanan menuju lapangan terasa nyaman, karena hampir tidak ada hambatan yang berarti.

Setiba di lapangan, terbentang rumput yang hijau, burung-burung yang terbang dan berkicau diantara pepohonan yang tumbuh subur di sekitar lapangan menambah suasana nyaman di awal pagi hari.

Udara segar dan bersih terhirup dengan nikmat bersamaan dengan menurunkan pesawat dan tool kit.

Rakit pesawat dengan cermat, range check, battery check, dan isi fuel.

Siapkan glow plug heater, aki, dan starter

Istirahat sejenak sambil menikmati langit yang bersih berwarna kejinggaan.

Konsentrasi dan terbanglah beberapa saat menjelang matahari terbit.

Maneuver-lah dengan santai tapi pasti. Asap akan terlihat indah terbentang, karena hampir tidak ada rintangan angin yang bertiup.

Mendaratlah dengan sempurna dibawah pancaran sinar matahari terbit di pagi hari.

Selamat terbang dengan aman dan handal :cheer:
Logged
Paul Sihotnag
Newbie
*
Offline Offline

Posts: 35



View Profile
« Reply #553 on: July 31, 2009, 03:59:29 AM »

hufff.... ini lah perasaan hati seorang aeromodeler..
cukup menggugah. sepertinya cukup tergoda.

sabtu ini mau dateng pagi2 sekali ah.
mas janto untuk menikmati seperti yg ditulis diatas, harus sampe
lapangan jac jam brapa mas? ingin merasaka juga.Smiley
Logged
Janto
Global Moderator
Hero Member
*****
Offline Offline

Posts: 8455



View Profile
« Reply #554 on: July 31, 2009, 01:57:47 PM »

Mudah2an besok pagi cuacanya persis dengan cuaca pagi hari ini :-)

Kalau ya, suasana besok pasti persis sama dengan tulisan yang baru saja dimuat ;-)

Jam 5.15 sudah tiba di lapangan.

Saya terbang pagi sekali juga besok.

Sampai jumpa di JAC Halim
Logged
Pages: 1 ... 30 31 32 33 34 35 36 [37] 38 39 40 41 42 43 44 ... 415   Go Up
Print
Jump to: